SMP Negeri di Daerah Pinggiran Kekurangan Siswa

118
istimewa

KORANBERNAS.ID — Hasil pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP sederajat sudah diumumkan. Berdasarkan hasil akhir ini diketahui beberapa sekolah kecamatan wilayah pinggiran masih kekurangan murid.

“Adik saya mendaftar di SMPN 2 Wonosari namun gagal, akhirnya masuk ke SMPN 3 yang merupakan wilayah pinggiran meski masih masuk wilayah Wonosari,” kata seorang wali murid, Kismoyo saat dihubungi Senin (9/7/2018).

Dijelaskan Kismoyo, adiknya urutan ke 320 dari total pendaftar sekitar 400 orang dengan kuota yang dibutuhkan 210 murid. Gagal masuk ke sekolah idaman karena kalah jarak. Seperti diketahui, penilaian dengan sistem zonasi sangat berpengaruh.

“Meski kecewa, harapannya kualitas SMP adik saya nanti bisa sebagus di perkotaan,” ujarnya.

Baca Juga :  Seru, 28 Tim Meriahkan Sidomulyo Cup

Sementara itu Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Kisworo mengakui, untuk SMP Negeri pinggiran mengalami kekurangan murid. Pihaknya memberi contoh di SMPN 4 Patuk, SMPN 4 Nglipar, SMPN 1 Gedangsari, SMPN 3 Tepus dan SMAN 5 Panggang.

“Dari kuota 128, pendaftanya 99. Rata-rata kekurangannya seperti itu, diantaranya migrasi,” ujarnya.

Menurut dia, kekurangan murid sudah diprediksi. Jumlah lulusan siswa tingkat SD berjumlah 9222, sementara kuota pada tingkat SMP/MTs sebanyak 11.700 atau minus 2.478. Meski demikian tidak ada masalah.

“Aktifitas belajar mengajar jalan terus. Nanti masuk pada tanggal 16 Juli 2018,” ucapnya.(yve)