SMPN 4 Pakem Sabet Empat Juara LKIR Sleman 2018

214
Tim LKIR SMPN 4 Pakem. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–SMPN 4 Pakem meraih sukses dalam Lomba Karya Ilmiah (LKIR) 2018 Sleman dengan merebut empat juara.

Dalam babak final yang digelar di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Sleman Sabtu (15/09/2018) peserta harus mempertahankan hasil penelitian mereka di depan dewan juri. Lomba ini dibagi dalam empat kategori yakni Kelompok IPA, IPS, Teknologi Tepat Guna dan Kewirausahaan.

Di Kategori Teknologi Tepat Guna SMPN 4 Pakem meraih Juara I dan II yang masing-masing direbut oleh Amaani Zahwa dan Husna Ainun Rahmawati dengan karya Tempat Sampah Cerdas dengan Pendeteksi Volume dan  RM Atyanta Prabaswara dan Afrizal Lukmat Effendy dengan karya Batang Kolonjono dan Sekam Padi sebagai Bahan Meja Belajar. Juara III diraih tim dari SMP Budi Mulia Dua.

Baca Juga :  Profesor Ini Heran Masih Ada Atlet “Kaliren”

Sementara di Kategori IPS, wakil SMPN 4 Pakem yakni Sofia Fiqri Syadiira dan Yohana Lulu Puspita Rahayu dengan karya berjudul Evaluasi Penerapan Pengurangan Risiko Bencana di SMPN 4 Pakem menyabet Juara I. Sedangkan Juara II dan III masing-masing diraihb SMPN 1 Minggir dan SMPN I Godean.

Untuk Kategori IPA, Muhamad Fatih Husein dan Moza Anoemoda Mahasa dari SMPN 4 Pakem meraih Juara I dengan membuat liquid elektrik antinyamuk berbahan baku benalu. Sedangkan juara II dan III masing-masing diraih tim dari SMPN 1 Godean dan SMPN 3 Depok.

Dalam Kategori Kewirausahaan, Juara I diraih SMPN 1 Turi, Juara II SMPN 3 Depok dan SMPN 1 Godean sebagai Juara III.

“Ini tentu hasil yang menggembirakan dan mendorong kami untuk terus kerja keras,” kata Eky Rahmawati, pembina tim LKIR SMPN 4 Pakem.

Baca Juga :  Ada Pasar Takjil di Alun-alun Wates

Menurutnya hasil maksimal yang diraih dalam lomba ini, merupakan hasil kerja keras semua pihak.

“Terimakasih untuk pihak sekolah, guru, anak-anak yang tak kenal lelah dan juga orang tua yang selalu mendukung,” tambah Eky.

Eky menambahkan, SMPN 4 Pakem selalu berusaha mengembangkan atmosfer pendidikan yang memberi ruang seluas-luasnya bagi siswa untuk mengembangkan potensinya. Dia berharap hasil ini juga memacu siswa lain untuk berprestasi. (*/SM)