Sop Kaki Kambing Si Gondrong Nikmat dan Tidak Prengus

6123
Pembukaan cabang baru Hidangan Khas Jakarta Si Gondrong di Jalan Kaliurang Km 16,2 Ngledokan Sleman, Minggu (25/02/2018). (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Ini kabar gembira untuk para pecinta kuliner di Yogyakarta menyusul hadirnya Hidangan Khas Jakarta Sop Kaki Kambing dengan rasa yang nikmat lagi istimewa.

Terhitung mulai Minggu (25/02/2018), Hidangan Khas Jakarta Si Gondrong Cabang Bogor membuka cabang baru di Jalan Kaliurang Km 16,2 Ngledokan Sleman.

Lokasinya yang sangat strategis berada di tepi jalan, jalur wisata menuju kawasan Kaliurang, serta relatif tidak terlalu jauh dari Kampus UII, menjadikan warung atau kedai tersebut sangat cocok untuk para pecinta kuliner.

Begitu menginjakkan kaki di kedai Cabang Rumah Makan Nggone Marsandi tersebut, sesekali tercium aroma khas sop kaki kambing dan langsung memancing selera untuk segera mencicipinya.

Di pusatnya, Kota Bogor, Si Gondrong memang sudah terkenal. Nama Si Gondrong itu sendiri tidak bisa lepas dari Sop Kambing Pak Kumis Jakarta yang lebih dulu melegenda. Ini karena keduanya ada hubungan saudara atau famili.

Juru masak, Firdaus, meracik menu pesanan pembeli. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Sore itu menjelang Magrib, warung terlihat penuh pembeli. Widodo, seorang penggemar kuliner yang kerap bolak balik Yogyakarta-Jakarta, begitu mendengar kabar Si Gondrong Bogor buka cabang di Yogyakarta, dia langsung datang.

Baca Juga :  Dari Ruang Ini Bupati Bisa Hubungi Seluruh Camat

“Dagingnya empuk. Enak. Tidak bau prengus seperti sop kaki kambing di tempat lain,” ungkapnya di sela-sela menyeruput sop yang dihidangkan Firdaus, si juru masak.

Sop yang terhidang panas itu pun langsung dia habiskan. Widodo mengaku sudah mencoba beberapa kali menu serupa di wilayah Kota Yogyakarta. Kali ini, dia merasakan sajian yang berbeda tatkala menikmati sop kaki kambing Si Gondrong.

“Kalau di tempat lain masih ada bau prengus. Di sini tidak,” kata Widodo yang datang bersama keluarga.

Lina Marshandi selaku owner kepada wartawan mengatakan dipilihnya kawasan Ngledokan Sleman dengan pertimbangan udaranya sejuk.

“Di sini daerahnya dingin sehingga sangat cocok untuk menikmati sop kambing. Ini cabang kedua setelah Bogor dan InsyaAllah akan membuka cabang ketiga di Solo. Untuk awal, kami sediakan sop kambing sedangkan menu sate ayam dan sate kambing menyusul,” ujarnya.

Baca Juga :  Jalur Semarang-Solo Macet Total

Si juru masak, Firdaus, mengatakan keistimewaan sop kambing Si Gondrong adalah tidak menggunakan santan kelapa melainkan susu.

“Kita tidak  pakai campuran santan tetapi pakai susu murni dan minyak samin yang asli sehingga tidak ada rasa seperti nyangkut di lidah,” terangnya.

Selain kaki kambing, tersedia pula sajian sop kepala kambing. Pembeli tinggal pilih sesuai selera. Jika beruntung, dengan tambahan catatan tidak kalah cepat oleh pembeli lain, konsumen bisa memesan menu istimewa otak kambing. Rasanya dijamin top markotop.

Dengan tambahan acar  terdiri dari campuran irisan ketimun, bawang merah maupun cabai hijau utuh, sop kaki kambing Si Gondrong makin mantap dinikmati.

Apalagi ditambahkan perasan jeruk nipis serta taburan bawang merah goreng di atas nasi, maka jangan tanya lagi rasanya. Makin sedap dan nikmat. Anda penasaran. Silakan datang dan nikmati. (sol)