Sortir dan Pelipatan Surat Suara Pilbup Lebih Dulu Siap

127
Petugas menyortir dan melipat kertas suara untuk Pilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung. (Endri Yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Temanggung menyatakan sortir dan lipat surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung telah mencapai  100 persen.

“Sortir dan pelipatan surat suara untuk pilkada telah dilakukan sejak pekan sebelumnya, sampai dengan saat ini. Proses pelipatan dan penyortiran surat suara sudah selesai,” kata Sujatmiko selaku Ketua KPUD Kabupaten Temanggung.

Diungkapkan, untuk surat suara  Pilbup tersebut memang telah dikerjakan terlebih dulu dibandingkan dengan surat suara untuk pilihan Gubernur Jawa Tengah. Hal ini karena sampul maupun amplopnya, yang sudah siap untuk pemilihan bupati.

“Tadinya mau sortir dan lipat surat suara untuk gubernur dulu, tapi ternyata sampulnya belum siap. Ya lebih baik menyelesaikan yang sudah siap lebih dahulu,” ungkapnya.

Menurutnya, penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan di Graha Pintar KPU tersebut, melibatkan warga yang rumahnya dekat dengan kantor KPUD. Adapun  mengenai jumlah surat suara yang diterima oleh KPUD Temanggung untuk pilbup sebanyak 69.722 lembar.

Setelah sortir dan lipat surat suara untuk pilbup ini selesai, nantinya langsung dilanjutkan dengan sortir dan lipat untuk pilgub.

Selain itu Sujatmiko juga menyebutkan untuk persiapan logistik lainnya seperti tinta, kotak suara, alat pencoblos serta bilik juga telah tersedia.

Diharapkan seluruh logistik yang telah disiapkan oleh KPUD dapat diatur di seluruh TPS pada akhir Mei. Sehingga usai tahapan tersebut, untuk surat suara yang rusak akan segera mendapatkan ganti, sedangkan untuk surat suara yang rusak  akan dimusnahkan.(SM)