Sosialisasi Pilkada KPUD bagi Disabilitas

118
Salah seorang penyandang disabilitas Grahita, sedang diberi penjelasan tata cara pencoblosan Pilkada. (Endri Yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung melaksanakan sosialisasi pilkada serentak  ke Penyandang disabilitas grahita di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini Temanggung.

Sejumlah penyandang disabilitas grahita dipanggil untuk melakukan tata cara  pencoblosan  kertas suara, melipat kembali serta memasukannya ke  dalam kotak suara.

Bagi mereka yang mengalami gangguan pada kesehatan ataupun gangguan fisik mendapatkan bantuan untuk melakukan pencoblosan. Dari mulai mengambil kertas suara, memasuki bilik sampai memasukan kertas suara ke dalam kotak suara.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung dari Divisi Teknis, Arimurti Hendrowardani mengatakan sosialisasi pilkada ke semua golongan, tidak memandang siapa mereka, termasuk para penyandang disabilitas. Sebab setiap warga negara mempunyai hak suara yang sama,

Baca Juga :  Bila Para Jaksa Bagikan Bunga

“Sosialisasi kami berikan ke mereka karena mereka butuh perhatian kusus untuk mengetahui bagaimana cara yang benar melaksanakan pemilihan dan tetap merahasiakan pilihannya dengan memberikan anjuran supaya kalo ditanya, siapa pilihannya kami sarankan memberikan jawaban dengan bilang “rahasia”,” katanya.

Diungkapkan, dalam pilkada serentak diharapkan mereka bisa menggunakan hak suaranya  dengan mendapatkan pendamping dari pihak keluarga maupun yang ditunjuk oleh mereka sendiri. Walaupun mereka tidak mendapatkan tempat kusus untuk menggunakan hak suaranya, mereka berhak mendapatkan fasilitas dan pelayanan di setiap TPS agar memudahkan mereka. (SM)