Sport Tourism, Tantangan Baru di Sleman

306

KORANBERNAS.ID—Selain budaya dan alam, salah satu potensi wisata yang bisa mendulang kunjungan wisatawan adalah sport tourism. Sport tourism adalah kegiatan wisata yang dipadukan dengan kegiatan olah raga, atau berolahraga sambil berwisata, dan sebaliknya.

Upaya menjadikan Sleman sebagai salah satu destinasi sport tourism terkemuka di  DIY terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, melalui Dinas Pariwisata.

“Beberapa event sport siap dan akan dilaksanakan pada tahun 2017 ini. Baik secara individu maupun bersama-sama dengan stakeholder pariwisata yang lain,”kata Dra Hj Sudarningsih MSi, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Senin (04/09/2017).

Menurut Sudarningsih, bekerja sama dengan Forkom Desa Wisata dan Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Dinas Pariwisata Sleman kembali menggelar event sport tourism, Jelajah Wisata 2017.

“Event Jelajah Wisata 2017 kali ini akan dilaksanakan pada 10 September 2017 dengan start dan finish di Lapangan Tritis, Turgo, Purwobinangun, Pakem,”kata Sudarningsih.

Jelajah wisata tersebut akan menempuh jarak kurang lebih 7 km. Sebagian besar peserta akan dibawa melintas areal Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Dengan mengusung tema “Pesona Flora Lereng Merapi”, peserta Jelajah Wisata akan disuguhi keindahan flora lereng Merapi, seperti Anggrek Vanda Tricolor, Dendrobium Mutabile, dan berbagai jenis bambu yang banyak tumbuh di lereng Merapi.

“Cukup dengan membayar Rp 40.000 peserta akan mendapatkan fasilitas berupa kaos, makan siang, asuransi dan kesempatan memperoleh berbagai door prize menarik. Diantaranya sebuah sepeda motor, TV berwarna, kipas angin, sepeda gunung, kompor gas, dan puluhan door prize lainnya,” tutur Sudarningsih.

Selain berjalan kaki, peserta Jelajah Wisata dapat mengabadikan pesona lereng Merapi melalui foto yang dapat diunggah ke instagram dengan hastag #JelajahWisata2017, #PesonaFloraMerapi, #TNGM, #TNGunungMerapi, #PesonaLiburanSleman, dan #theLivingCulture dengan mention @wisatasleman, dan @btngunungmerapi.

Foto dengan like terbanyak akan mendapatkan hadiah dari sponsor. Dalam event ini, akan diadakan pula edukasi dari Taman Nasional Gunung Merapi, bersih gunung, dan kuis yang semuanya berhadiah.

Event ini terbuka bagi umum, dengan masa pendaftaran akan ditutup pada tanggal 5 September 2017. Warga masyarakat yang berminat dapat mendaftarkan dirinya dengan membawa bukti diri yang masih berlaku ke Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Jl. KRT Pringgodiningrat No. 13, Tourist Information Center di Malioboro dan Kaliurang, serta di beberapa Desa Wisata yang berlokasi di kawasan utara Kabupaten Sleman.(Bid Jalasutra/Sm)