Panitia pilkades Kalijaya, Kebumen melakukan penghitungan suara, Rabu (6/9/2017). (nanang wh/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pasangan suami istri, calon kepala Desa Kalijaya, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen merasa terkejut. Pasalnya partisipasi pemilih pilihan kepala desa (pilkades) yang berlangsung ternyata melebihi harapan awal.

Awalnya target partisipasi dalam pilkades tersebut hanya 800 orang. Namun pada pelaksanaan pemungutan suara, Rabu (6/9/2017) ternyata pemilih yang datang lebih dari 1.100 orang. Kedatangan mereka tanpa ada diberi wuwuran atau pembagian uang.

Bahkan pilkades yang hanya diikuti Subiani (44) dan istrinya Siti Rohmawati (40) berjalan cukup meriah dan aman. Masyarakat berkumpul di balai desa, tempat pemungutan dan penghitungan suara.

Di rumah pasangan calon yang saling bersaing berjejer puluhan kursi untuk tamu yang hendak memilih.
“Tidak ada wuwuran lho, yang datang begitu banyak. Saya tadi pulang dari balai desa jam 12,30, 30 menit sebelum pencoblosan ditutup yang datang sudah 1116 orang,“ kata Subiani yang memenangkan Pilkades Kalijaya untuk kedua kalinya.

Panitia Pilkades Kalijaya menetapkan Daftar Pemilih Tetap dengan jumlah pemilih hanya 1.548 orang. Angka ini kurang dari separuh dibanding dengan daftar pemilih pada pemilu sebelumnya.

Mereka yang tidak menggunakan hak pilihnya, berada di luar kota, bekerja, atau sekolah. Pemkab Kebumen tidak memberi libur khusus pada hari pemungutan suara di 41 desa penyelenggara pilkades serentak Rabu (6/9/2017).

“Calon tidak boleh memberi uang untuk sekedar pengganti tidak bekerja sehari,“ kata Subiani. (yve)