Sudaryanto Isi Kekosongan Jabatan Bupati Temanggung

82
Sudaryanto dilantik sebagai Penjabat Bupati Temanggung. (Endri Yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengambil sumpah dan melantik Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinpermadesdukcapil) Jateng, Sudaryanto, menjadi Penjabat Bupati Temanggung.

Pengambilan sumpah dan pelantikan berlangsung di Wisma Perdamaian Semarang, dihadiri Sekda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, FKPD dan pejabat terkait  serta sejumlah pejabat dari Pemkab Temanggung baik unsur FKPD maupun kepala OPD.

Seusai pelantikan dilanjutkan penyerahan laporan pelaksanaan tugas Plh Bupati Suyono kepada  Penjabat Bupati Sudaryanto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Dilantik pula Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Dikranasda Kabupaten Temanggung Ny Sri Kusdiyanti oleh ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Prov Jateng Ny Atiqoh Ganjar Pranowo.

Kepala Bagian Humas, Witarso Saptono Putro ketika ditemui, Kamis (16/08/2018) mengatakan, sebelum diisi Penjabat Bupati, tugas-tugas Bupati dijalankan oleh Pelaksana Harian ( Plh) Bupati Suyono yang merangkap jabatan sebagai Penjabat Sekda dan  Asisten Pemerintahan.

Baca Juga :  Sempat Menghilang, Gobak Sodor Ikut Ramaikan HUT Temanggung

Sudaryanto akan melaksanakan tugas sebagai Penjabat Bupati sampai diambil sumpah dan dilantiknya calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih H M Al Khadziq dan Heri Ibnu Wibowo hasil Pilkada 27 Juni silam.

Menurutnya, sesuai dengan pernyataan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dilantiknya  Sudaryanto  menjadi Penjabat Bupati Temanggung dimaksudkan guna mengisi kekosongan jabatan setelah  ditinggalkan pejabat lama Bupati Bambang Sukarno bersama Wakilnya Irawan Prasetyadi yang habis masa jabatannya per 28 Juli silam.

Sosok Sudaryanto lanjutnya, bukan orang asing bagi warga Temanggung. Yang bersangkutan beberapa waktu lalu ditunjuk oleh pemerintah sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Temanggung.

Selain itu, Sudaryanto orang asli Temanggung sehingga sudah tahu betul karakteristik daerahnya.  Dengan demikian, dia diyakini bisa mengemban tugas dengan baik.

Baca Juga :  63 Pesilat Temanggung Bertarung

“Dengan dilantiknya Sudaryanto , di Temanggung  tidak ada kekosongan jabatan Bupati setelah ditinggalkan Pak Bambang Sukarno dan Wakil Bupati Pak Irawan yang sudah habis masa baktinya bebarapa waktu lalu. Dengan adanya Penjabat Bupati  maka pemerintahan tidak vakum dan tugas-tugas pelayanan tetap berjalan ,” ujarnya.

Penjabat Bupati Sudaryanto mengatakan penunjukkan dirinya oleh Pemerintah sebagai Penjabat Bupati di Temanggung merupakan suatu kehormatan sekaligus kepercayaan yang musti diemban dengan penuh tanggungjawab .

Oleh karena itu, lanjutnya ia meminta dukungan dan kerjasama semua pihak termasuk warga masyarakat, agar sukses mengemban tugas, sehingga Kabupaten Temanngggung semakin maju , berkembang dan masyarakatnya sejahtera.(SM)