Setya Novanto Sebut Sultan HB X Sosok Bersahaja

193

KORANBERNAS.ID –  Sebagai seorang tokoh nasional, Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X sering menerima tamu-tamu dari beragam kalangan. Kamis (02/11/2017) kemarin, Sultan HB X menerima kunjungan Ketua DPR RI, Setya Novanto.

Didampingi Ketua DPD Partai Golkar DIY, Haryadi Suyuti, terlihat pertemuan antara dua tokoh penting itu berlangsung hangat di Keraton Kilen Keraton Yogyakarta, kediaman Sri Sultan HB X.

Setyo Novanto menyatakan dirinya mengagumi sosok Sultan HB X yang juga Gubernur DIY itu. “Alhamdulilah, saya silaturahim dengan Sri Sultan. Sebagai Raja maupun Gubernur, beliau sosok yang sangat bersahaja,” ungkapnya.

Pertemuan itu berlangsung dua jam lebih. Soal apa yang dibicarakan, dia hanya menyatakan bersyukur bisa bertukar pikiran dengan Sultan HB X.

Baca Juga :  Pemuda Muhammadiyah dan NU Ikut Bersihkan Gereja Bedog

“Ngobrol dua jam lebih, bertukar pikiran tentang banyak hal, mulai dari masalah kebudayaan, pembangunan daerah, sampai situasi politik terkini” kata Novanto, melalui rilis yang dikirim ke media usai pertemuan.

Menurut dia, DPR RI mendukung kemajuan daerah melalui pembangunan infrastruktur maupun seni dan budaya.

Dia mengakui, Keraton Yogyakarta adalah akar seni dan budaya yang sangat penting bagi Indonesia. “Kekayaan seni dan budaya inilah yang menjadi kekayaan dan kebanggaan nasional kita. Saya sangat kagum dengan peran aktif Pemda DIY maupun Keraton menjaga dan melestarikan kekayaan seni dan budaya,” kata Novanto.

Di tengah derasnya infiltrasi budaya asing ke Indonesia, masyarakat Yogyakarta tetap memegang teguh seni dan budaya. Di kota ini pula lahir banyak seniman yang terkenal sampai mancanegara.

Baca Juga :  Ruang IGD Tidak Muat Lagi

Selain kebudayaan, Setyo Novanto dan Sultan HB X juga membahas kondisi politik nasional. “Stabilitas politik yang terjaga dengan baik adalah kunci suksesnya pembangunan,” tandasnya. (sol)