Sultan Jadi Kandidat Terbaik

920

KORANBERNAS.ID–Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) akan menggelar pemilihan  Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) tanggal 25 hingga 29 September mendatang di Kendari. Beberapa nama tokoh nasional muncul, salah satunya adalah Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Selain juga nama-nama tokoh lain seperti Menpora Imam Nachrowi, Mantan Menpora Adhyaksa Dault, anggota DPR RI Dede Yusuf, Komjen Budi Waseso dan beberapa nama lainnya.

“Dari nama-nama tersebut, kami mendukung Sri Sultan HB X bisa menjadi Ka Kwarnas,” kata Waka Kawarcab Bantul, H Sudadi S.Sos kepada koranbernas.id di kantornya, Selasa (18/09/2018) siang.

Pertimbangan dukungan tersebut karena melihat kiprah Sultan dalam kepramukaan karena suami GKR Hemas tersebut saat ini menjabat sebagai Ka Mabida DIY. Diantaranya  Sultan hadir dalam apel akbar Hari Pramuka tingkat DIY  di Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul tanggal 14 Agustus lalu  di tengah banyaknya tugas sebagai kepala daerah di DIY.

Baca Juga :  Dlingo Harus Ditata Sebelum Terlambat

“Ini menunjukkan Sultan memiliki perhatian besar kepada Pramuka dan  tentu menjadi support bagi anggota Pramuka di DIY,” ujar Sudadi yang juga menjabat sebagai Kasi Kepemudaan Disdikpora Bantul tersebut.

Selain itu, banyak hal yang telah dilakukan Sultan dalam rangka memajukan Pramuka. Diantaranya belum lama ini meresmikan Gubug pramuka di Babarsari, dimana sebelumnya lokasi Gubuk Pramuka  selalu berpindah-pindah. Selain itu Sultan juga meminta agar semua Organisasi Perangkat Dearah (OPD) menghidupkan Satuan karya (Saka). Tentu kemudian menurun ke OPD yang ada di dearah. Sehingga Sakka-Saka kini hidup dan bangkit kembali setelah agak lama kurang terdengar gaungnya.

“Sehingga kini semua Saka hidup, termasuk di Bantul,” kata Sudadi. Di Bantul ada Saka Bhayangkara (kepolisian), Saka Wira Kartika (TNI AD), Saka Bahari, Saka Taruna Bumi dan Saka Wana Bhakti dibawah naungan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan  dan Perikanan (Diperpautkan) Bantul, Saka Bhakti Husada (Dinas Kesehatan), Saka Pariwisata (Dinas Pariwisata), Saka Lingkungan Hidup (Dinas Lingkungan Hidup) serta Saka Kebudayaan (Dibawah pembinaan Dinas Kebudayaan).

Baca Juga :  SBY Puji Keberhasilan Sleman dalam Swasembada Beras

Selain itu Sultan juga memberikan kebijakan berupa support  anggaran untuk kegiatan kepramukaan yang ada di DIY.

“Tentu dengan banyaknya kiprah tersebut, sangat positif apabila Sultan kemudian menularkan segala kebijakan itu dalam skala nasional. Sehingga kita mendukung menjadi Ka Kwarnas,” tandasnya. (yve)