Sultan Nyatakan DIY Siaga

142

KORANBERNAS.ID – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini dalam status siaga bencana.

Pernyataan tersebut dikeluarkan, Rabu (29/11/2017), sehubungan terjadinya banjir dan longsor di lima kabupaten/kota di provinsi ini,  akibat terjangan siklon Cempaka yang melanda wilayah Jawa bagian selatan termasuk DIY.

“Bukan darurat, ya, siaga.  Karena menurut BMKG hujan ekstrem ini tiga hari,” tuturnya kepada wartawan  di Kepatihan usai memimpin rapat koordinasi (rakor) penanganan bencana.

Sultan berharap, dengan status siaga ini maka dana cadangan yang ada di masing-masing kabupaten maupun dana cadangan milik Pemda DIY digunakan untuk keperluan memperbaiki kerusakan serta menolong para korban bencana yang sekarang berada di pengungsian.

Baca Juga :  Jenderal (Purn) Tyasno Pernah Diusir dari Sekolah

“Dasarnya (status) siaga bencana itu dari pernyataan gubernur dan ditindaklanjuti oleh masing-masing bupati,” kata Sultan.

Menjawab pertanyaan apakah provinsi nantinya membantu kabupaten/kota, Sultan menyatakan pada prinsipnya koordinasi sudah dilaksanakan.

Tapi yang penting, dengan dasar surat dari Gubernur DIY itulah pemerintah kabupaten kemudian menindaklanjuti dengan keputusannya (bupati) menggunakan dana tak tersangka. (sol)