Sultan Tinjau Toilet Berkelas Internasional

172
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau toilet berkelas internasional di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta jajarannya, Senin (27/11/2017), meninjau fasilitas toilet di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Pada peninjauan kali ini diketahui fasilitas toilet berkelas internasional tersebut masih kurang sempurna.

Ya, mungkin kurang agak miring untuk buang airnya. Orang Jawa bilang jenes nanti nggak mau masuk,” tuturnya kepada wartawan di sela-sela peninjauan.

Selain itu, Sultan juga menilai fasilitas toilet untuk anak-anak ukuran lubangnya terlalu besar. Sebenarnya, di toko-toko ada toilet yang lubangnya lebih kecil. “Beli di toko ada, lubangnya lebih kecil,” kata Sultan.

Sri Sultan HB X meninjau kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta. (istimewa)

Toilet bawah tanah atau underground yang berada di depan Gedung Bank Indonesia (BI) dan Taman Pintar itu merupakan bagian dari program revitalisasi pedestrian Malioboro tahap dua. Fasilitas tersebut  diperuntukkan bagi wisatawan maupun pengunjung kawasan Titik Nol Kilometer.

Baca Juga :  Pesta Kriya Ajang Belajar Perajin Lokal

Sultan juga menginginkan ada pembagian ruang yang jelas antara toilet pria, wanita maupun toilet khusus difabel. Di sudut toilet perlu ada petugas penjaga sekaligus untuk keamanan.

Toilet itu juga dilengkapi fasilitas nursery room dan ruang servis. Jumlahnya toilet wanita 13 unit, difabel 3 dan toilet pria 7 unit.

Soal pedestrian, Sultan menyatakan untuk sementara ini perlu dipertimbangkan penambahan kursi atau bangku taman di depan Istana Negara Gedung Agung, untuk kenyamanan wisatawan. (sol)