Sumbangan Sukarela Tak pengaruhi PPDB SMK 1 Klaten

162
Ratusan siswa mendaftar PPDB SMK 1 Klaten. PPDB yang dijadwalkan berlangsung pukul 08:00 hingga 15:00 terpaksa mundur mengingat banyaknya pendaftar. (Massal Gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMK 1 Klaten Tahun Ajaran 2018/2019 lewat sekolah pada hari pertama, Senin (02/07/2018) diwarnai dengan munculnya pertanyaan dari orang tua atau wali murid. Pertanyaan itu terkait sumbangan sukarela yang harus mereka bayar akan mempengaruhi diterima dan tidaknya anak mereka di sekolah itu.

“Tadi waktu di dalam ruangan ada wawancara soal besarnya sumbangan. Kami bingung, besarnya sumbangan itu nanti mempengaruhi diterima atau tidaknya anak kami,” kata sejumlah orang tua kepada koranbernas.id di SMK 1 Klaten.

Orang tua yang menolak disebutkan identitasnya itu menjelaskan, anaknya yang lulusan SMP Negeri Karangnongko Klaten itu ingin sekali melanjutkan pendidikan di SMK 1 Klaten. Walaupun NEM anaknya cukup tinggi, tapi masih merasa khawatir nantinya kalah dengan siswa lain yang NEM-nya lebih rendah, namun bisa diterima karena mampu menyumbang lebih besar.

Senada dikemukakan Eko, lulusan SMP 1 Klaten. Dia ikut PPDB SMK 1 karena ingin melanjutkan ke jurusan Tehnologi Komputer Jaringan (TKJ). Namun dalam wawancara dengan petugas terkait sumbangan, dirinya tetap khawatir tidak bisa lolos meski punya NEM bagus.

“Tetap saja khawatir pak. Bisa-bisa tidak lolos karena sumbangan sukarela,” ujar Eko

Ketua PPDB SMK 1 R Budi Sukowardoyo menjelaskan, terkait sumbangan merupakan ranahnya komite sekolah yang nantinya akan diputuskan dalam rapat pleno yang mengundang orang tua atau wali murid.

“Yang mewawancarai tadi komite sekolah,” katanya.

Senada dikemukakan Kepala SMK 1 R Budi Sasangka. Dia menegaskan bahwa sumbangan sukarela tidak mempengaruhi diterima atau tidaknya calon peserta didik. Sebab sumbangan tidak masuk sistem.

“Yang masuk sistem online adalah NEM dan hasil tes. Kalau sumbangan tidak masuk. Sumbangan nanti diputuskan dalam rapat pleno komite dan pertanggungjawabannya juga di komite. Jadi jangan khawatir,” jelas Budi Sasangka.

PPDB di SMK 1 Klaten hari Senin (02/07/2018) dipenuhi pendaftar. Jadwal PPDB yang telah ditentukan dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB terpaksa mundur karena banyaknya pendaftar. Hingga pukul 15.30 WIB pendaftar masih menunggu nomor antraannya dipanggil panitia. (SM)