Tahun Politik?, Suzuki Mobil Tetap Tancap Gas

241
Pimpinan dan staf Sumber Baru Mobil yang mendapat awarding dari perusahaan, karena kinerja mereka yang sangat baik. (istimewa)

KORANBERNAS.ID—Bagi sebagian pihak, 2018 yang merupakan tahun politik boleh membuat was-was. Tapi Sumber Baru selaku main dealer Suzuki mobil, tidak merisaukan dampak tahun politik terhadap pasar.

Bahkan, Sumber Baru berani mematok target market share menyamai target nasional yakni 15 persen.

Direktur Utama PT Sumber Baru Aneka Motor, Hendra Kurniawan mengatakan, secara nasional Gaikindo menargetkan penjualan mobil sebesar 1.060.000 unit. Target ini, sama dengan angka penjualan tahun 2017 lalu.

Dari jumlah tersebut, Suzuki mematok target market share sebesar 15 persen.

“Kita punya opportunity. Produk kita yang Ignis adalah produk dengan model terbaru. Kompetitor kita, kebanyakan adalah mobil-mobil dengan model yang lama. Artinya, tahun ini kita memiliki keunggulan di model yang baru,” kata Hendra, disela-sela acara Suzuki Sumber Baru Mobil Awarding Night bertema “Welcome to The Jungle 2018”, Jumat (12/01/2018) malam. Acara ini menjadi event tahunan, untuk mengapresiasi karyawan Sumber Baru Mobil yang mampu menunjukkan prestasi di bidang masing-masing.

Namun, bersaing di 2018, Suzuki kata Hendra tidak hanya mengandalkan Ignis. Dua produk terbaru yakni New Baleno dan New S Cross, diharapkan juga akan menjadi pendorong penjualan untuk segmen yang berbeda, kendati untuk saat ini New S Cross masih terkendala pada suplai unit yang terbatas.

Baca Juga :  Jelang Lebaran, Tiga Pemilik Daihatsu Dibuat Kaget

Produk-produk ini, menurut Hendra memiliki keunggulan di kelas masing-masing. Selain kompetitif dari aspek harga, produk-produk Suzuki juga dikenal unggul dalam fitur dan kualitas serta ramah lingkungan karena hemat bahan bakar.

Hendra Kurniawan memberikan motivasi kepada karyawan. (istimewa)

Hendra menilai, peluang Suzuki untuk menerobos pasar lebih luas dan kencang sangat terbuka. Berkaca pada keberhasilan Suzuki Maruti di India, mereka mampu membukukan penjualan Suzuki sebesar 50 persen dari total penjualan mobil pertahun sebesar 3 juta unit.

Bukan tanpa tantangan dari pesaing. Keberhasilan Maruti, lebih karena kesuksesan mereka mengedukasi konsumen akan arti penting sebuah kendaraan. Mobil, di India bukan sekadar sarana transportasi, tapi harus mampu memberikan nilai lebih kepada konsumennya.

Nilai lebih dimaksud adalah, secara produk memang bagus, harga lebih terjangkau dan brand dari produk tersebut harus baik.

Baca Juga :  Horison Group Dukung Green Hotel Dan Climate Change

“Orang India sudah sampai pada kesadaran, mobil tidak cukup hanya bagus atau berkualitas, tapi brand juga harus kuat dan harga kompetitif. Kalau di India, Maruti bisa sukses menjual Suzuki, mestinya kita juga bisa karena produk kita sama, brand sama dan harga juga kompetitif,” tandas Hendra.

Untuk mendukung program sales ini, Sumber Baru menurut Hendra akan memperluas jaringan distribusi. Untuk showroom 3S menurut rencana akan bertambah 6 lagi. Sedangkan untuk jaringan 1S akan ditambah sebanyak 2 outlet.

Jaringan 3S akan dibuka di Kroya, Wonosari dan Temanggung.

“Kami ingin lebih dekat dengan konsumen. Dengan strategi ini target kita adalah menjadi yang nomor satu di DIY dan Jateng. Saat ini kita nomor dua setelah Semarang,” lanjut Hendra.

Terkait dengan awarding, Hendra mengatakan para pemenang berkesempatan melancong ke India dan Eropa secara gratis. Di India, mereka sekaligus mengunjungi Maruti untuk melihat dari dekat kisah sukses perusahaan ini memasarkan Suzuki. (SM)