Tak Ingin Ditilang Polisi, Ini Syaratnya

152
Penyematan pita oleh Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo menandai dimulainya Operasi Keselamatan 2018. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mulai Senin (12/03/2018) secara serentak di seluruh wilayah Indonesia menggelar Operasi Keselamatan 2018.

Di Kabupaten Temanggung, operasi tersebut ditandai Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2018 yang berlangsung di halaman Polres Temanggung.

Apel kali ini diikuti anggota TNI dan Polri dari Kodim 0706/Temanggung serta Polres Temanggung, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan, operasi berlangsung 21 hari. Tujuannya untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas  di wilayah Temanggung, dan juga untuk meminimalisasi angka kecelakaan.

“Kepolisian ini akan mengedepankan teguran dan imbauan yang sifatnya sebagai pencegahan. Kami juga akan melakukan penilangan terhadap pelanggar lalu lintas,” terang Kapolres Temanggung.

Baca Juga :  Rp 400 Jutaan untuk Membangun 5 Rumah dan PAUD di Selopamioro

Dia menjelaskan, pelanggaran yang menjadi prioritas di antaranya tidak memakai helm, knalpot racing (tidak standar), kendaraan rakitan, pelat nomor bermasalah, melawan arus, tidak memakai sabuk pengaman, menggunakan HP saat berkendara, berkendara belum cukup umur, serta berboncengan lebih dari satu.

“Kalau tidak ingin ditilang polisi, masyarakat harus tertib dan mentaati peraturan lalu lintas,” pintanya.

Dia berharap seluruh personel yang melaksanakan tugas Operasi Keselamatan 2018 bersikap humanis, sopan dan santun kepada masyarakat. “Bersikaplah santun kepada masyarakat agar mereka merasa terayomi,” pintanya. (sol)

Tips agar aman dari tilang polisi saat Operasi Keselamatan 2018.

  • Patuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas.
  • Lengkapi surat-surat dan syarat teknis laik jalan kendaraan.
  • Gunakan helm standar dan sabuk keselamatan dengan benar.
  • Tidak menggunakan HP saat berkendara.
  • Tidak kebut-kebutan.
  • Dilarang keras mengemudi dalam keadaan mabuk.
  • Tidak mengizinkan anak di bawah umur untuk mengemudikan kendaraan bermotor.
Baca Juga :  Anggota Persit harus Cerdas dan Berpikir Rasional Menghadapi Hoaks

Sumber: Polres Temanggung.