Tak Ingin Ditinggal, Museum Cari Pengunjung ke Desa

255
Bupati Sleman didampingi kepala museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Zaimul Azah meresmikan kegiatan museum keliling yang berlangsung di dusun Ngrenak Kidul Godean pada Selasa 19 Sept 2017 (Dwi Suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Salah satu museum terpopuler di Yogyakarta, Museum Benteng Vredeburg, menggelar pameran keliling ke sejumlah desa untuk mempopulerkan koleksi museum tersebut. Untuk kali ini dilaksanakan di Dusun Ngrenak Kidul Sidomoyo Godean Sleman dan akan berlangsung selama lima hari sejak 19-23 September 2017.

Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Zainul Azzah mengemukakan,  pameran ini bertujuan untuk lebih mendekatkan antara masyarakat dengan museum karena menurutnya masyarakat pedesaan juga harus familiar dengan keberadaan museum.

“Museum memiliki keterikatan yang kuat dengan pengunjungnya sehingga museum bisa dikatakan mati suri ketika tidak memiliki pengunjung yang merupakan subyek penting dalam menyampaikan nilai-nilai sejarah dari berbagai koleksi yang ada. Oleh karena itu, museum juga harus aktif menjemput masyarakat seperti gelaran pameran museum yang digelar di desa,” katanya.

Baca Juga :  Santri Diajak Ikut Perangi Penyakit TBC

Dalam kesempatan yang sama koordinator pelaksana kegiatan, Gunawan Haji, mengemukakan bahwa kegiatan pameran keliling ini merupakan hasil kerjasama dengan masyarakat sekitar dengan mengambil tema Memorabilia Sejarah Perjuangan Bangsa.
“Selain itu, (pameran) juga ikut mendukung kegiatan Merti Dusun yang ada di Dusun Ngrenak Kidul ini. Pihak museum mengeluarkan berbagai koleksinya dan diharapkan masyarakat desa dapat melihat berbagai koleksi yang sarat nilai sejarah bangsa ini,” terangnya.

Bupati Sleman Sri Purnomo saat memberikan sambutan dalam pembukaan pameran mengemukakan, pihaknya menyambut baik adanya gelaran pameran itu.

“Lewat pameran ini diharapkan adanya generasi yang mencintai museum yang nantinya akan menumbuhkan rasa cinta bangsa dengan melihat bukti bukti sejarah yang ada.  Jika akrab  dengan museum, maka akan menjadi bangsa yang kuat,” ujarnya yang meresmikan dibukanya pameran koleksi Museum Benteng Vredeburg. (ros)

Baca Juga :  UIN Sunan Kalijaga Cabut Larangan Bercadar