Tak Ingin E Commerce Dikuasai Produk Asing,  Blibli. com Gelar The Big Start Indonesia Session 3 Sediakan Berhadiah Besar

106
Manajemen Blibli.com bersama para kontestan TBS dan perwakilan dari JNE selaku partner, memberikan penjelasan event TBS kepada media, Kamis (26/07/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID—Perusahaan e-commerce lokal di Indonesia, Blibli.com, menggelar The Big Start Indonesia Session 3 dengan hadiah besar mencapai Rp 1,1 miliar. Program ini digelar, sebagai bagian dari upaya mendorong perkembangan produk-produk lokal yang tampil di e-commerce.

The Big Start Indonesia, merupakan ajang kompetisi pencarian pengusaha kreatif muda terbaik di Indonesia.

Mengusung tema “Buktikan Kepada Mereka” TBS diharapkan menjadi ajang untuk dapat menjawab tantangan para pengusaha muda untuk melakukan scale-up bisnis menuju skala bisnis yang lebih besar dan pasar yang luas.

“Kami melihat potensi dan persaingan UMKM semakin meningkat tiap tahunnya, sehingga harapan kami TBS Season 3 ini dapat membuka kesempatan bagi para pengusaha kreatif muda terbaik Indonesia untuk terus mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi,” kata Maria Hermina, Senior Brand Strategy Manager Blibli.com saat jumpa media di Yogyakarta, Kamis (26/07/2018).

Di Jogja, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari 27 hingga 29 Juli 2018, dengan menggelar pop-up market di Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Dalam event tersebut, para pelaku UMKM kreatif dapat mendaftarkan diri dan meramaikan kompetisi TBS.

TBS ini digelar secara roadshow di 5 kota besar di Indonesia. Yakni Bandung, Yogyakarta, Bali, Surabaya dan Jakarta.

Yogyakarta menjadi kota kedua yang memperoleh kesempatan untuk turut serta dalam gelaran inkubasi bisnis ini.

“Para peserta yang berhasil lolos dalam 20 besar karantina akan memperebutkan hadiah uang tunai dengan total mencapai 1,1 miliar rupiah” katanya.

Disebutkan, program ini dilakukan untuk lebih mendekatkan  dengan para pengusaha kreatif lokal dan dapat sekaligus berinteraksi dengan mereka.

Roadshow tahun ini akan menghadirkan konsep baru dengan memuat unsur lokal yang lebih kental dan sekaligus lekat dengan generasi muda seperti hadirnya pop-up market, perbincangan dengan narasumber yang telah sukses sebagai pengusaha dalam usia muda dari masing-masing kota,praktisi, pemenang dari TBS tahun-tahun sebelumnya, berbagai kegiatan untuk komunitas serta hiburan.

Blibli.com sebagai penyelenggara, melihat program The Big Start Indonesia menjadi ajang yang sangat penting untuk terus diadakan sebagai sarana bagi para pengusaha kreatif muda untuk mewujudkan komitmen mereka dalam berbisnis, serta membuktikan kepada masyarakat akan kecintaan dan semangat untuk terus berkreasi dalam mengembangkan bisnis yang pastinya memiliki peluang besar untuk berhasil di pasar lokal.

The Big Start Indonesia tahun lalu telah sukses menggandeng lebih dari 20.000 peserta kompetisi untuk kemudian oleh para kurator independen yang kompeten di bidangnya. Kemudian dipilih menjadi 20 pengusaha kreatif muda terbaik untuk bisa lanjut masuk ke babak karantina,” jelas Mina.

Saat karantina ini, kontestan akan mendapat  pembekalan ilmu pemasaran melalui e-commerce, pengunaan sosial media yang efektif, pengelolaan keuangan, pajak dan hukum, hingga perlindungan hasil karya melalui HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Selain itu, mereka juga akan diberikan tantangan setiap hari dari para juri untuk akhirnya terpilih 4 pengusaha untuk masuk ke babak grand final. (*/SM)