Tak Ingin Tambah Anak, Ya Ikut KB

194

KORANBERNAS.ID — Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyatakan, saat ini disinyalir banyak pasangan yang sudah tidak ingin menambah anak, namun tidak mengikuti program Keluarga Berencana (KB). Akibatnya angka kelahiran masih saja tinggi.

“Rata-rata angka melahirkan di Indonesia masih 2,6. Cita-cita menjadi 2,1. Masih terlalu banyak jumlah angka melahirkannya,” ujar Hasto, Rabu (18/10/2017).

Karena itu kesadaran orangtua untuk mengikuti program KB perlu ditingkatkan. Salah satunya melalui program PKK yang paling dekat dengan keluarga.

Untuk meningkatkan cakupan KB, gerakan masyarakat (germas) hidup sehat juga perlu dilakukan. Gerakan itu melingkupi tiga hal seperti banyak bergerak, banyak makan sayur dan periksa laboratorium.

“Gerakan perlu peran dari berbagai instandsi organisasi kemasyarakatan, LSM, dunia usaha dan swasta, juga dapat sebagai sarana pembinaan untuk memotivasi para kader dan keluarga serta Tim Penggerak PKK dalam pencapaian target PKK-KKBPK Kesehatan,” tandasnya.

Baca Juga :  Sultan Ingin Produksi Garam Pantai Sepanjang Dioptimalkan

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulonprogo, dr Dwikisworo Setyowireni Sp.A(K) mengatakan, pencanangan gerakan hidup sehat sangat strategis dalam upaya intensifikasi lintas sektoral, bidang pemberdayaan keluarga, KB dan Kesehatan, yang bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK, Institusi KB Kesehatan di desa dengan Kader-kader khususnya, kader dasawisma sebagai ujung tombak PKK, serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.

“Hendaknya kader dasawisma yang berada di garda terdepan dapat menjadi ujung tombak yang handal dalam kegiatan ini. Di desa dapat memanfaatkan dana desa, diharapkan dapat berkoordinasi dengan pemerintah desa sebagai sumber dana untuk memfasilitasi kegiatan dimaksud,” ungkap istri Hasto ini.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Bambang Haryatno Mkes mengatakan, kegiatan germas di Dinas Kesehatan Kulonprogo antara lain mengkampanyekan, aktifitas fisik dengan melakukan peregangan setiap jam 10.00 WIB. Selain itu memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Baca Juga :  Ribuan Data KTP Ganda Terkunci Tak Bisa Dicetak

“Dimungkinkan setiap ada jamuan dimanapun ada buahnya. Perbanyak makan buah kesehatan dapat terjaga,” katanya.(yve)