Takmir Masjid Mitra Pemerintah

394
Kepala Desa Karangtejo Muhamad Atang menyerahkan Surat Keputusan kepada Mat Rochmat seusai melantik pengurus Takmir Masjid Baiturrakhman  masa bakti 2017-2022. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kepengurusan Takmir Masjid Baiturrakhman Dusun Wirosari Desa Karangtejo Kecamatan Kedu dilantik oleh Kepala Desa  Muhamad Atang. Acara pelantikan yang berlangsung di masjid setempat Senin  (09/10/2017) itu bersamaan dengan pengajian selapanan.

Usai pelantikan   dilanjutkan penyerahan Surat Keputusan Kepengurusan Takmir Masjid Baiturrakhman masa bakti 2017-2022  dan tausiyah  oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Temanggung, KH Yakub Mubarok.

Pengurus takmir yang dilantik  terdiri dari Ketua Mat Rochmat, Sekretaris Zuli Setiyawan, Bendahara Jukri Yoga dan dibantu  pengurus di sejumlah seksi  di antaranya  Seksi Kerohanian, Kebersihan  dan Humas.

Kepala Desa Muhamad Atang  berharap keberadaan pengurus Takmir Masjid Baiturrakhman bisa menjadi mitra pemerintah desa dalam program pembangunan sektor keagamaan.

Baca Juga :  Jogja Fashion Rendezvous Wadahi Karya Terbaik Desainer

Dengan demikian kehidupan beragama khususnya agama Islam bisa berjalan harmonis seiring  sejalan dengan Pemerintah.

Menurut dia, menjadi takmir masjid  merupakan  amanah untuk memberdayakan masjid sebagai tempat berbagai kegiatan. Tidak hanya di bidang keagamaan saja, tetapi juga berbagai aspek kehidupan lainnya seperti bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

KH Yakub Mubarok  dalam tausiyahnya menyatakan tingginya derajat orang-orang yang memakmurkan masjid, di hadapan Allah SWT. Dia kemudian mengutip ayat  Al Quran Surat At Taubah ayat 18, “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Baca Juga :  Pengunjung Bisa Bermain Meriam Bumbung

Oleh karena itu, kepada takmir masjid yang sudah dilantik segera menjalankan tugas dan fungsinya mengurus masjid  agar semakin  makmur dalam arti kegiatan peribadahan meningkat.

Ketua Takmir Masjid Baiturrakhman Mat Rochmat menjelaskan   setelah pelantikan, pihaknya  mengagendakan rapat  guna menyusun  program kerja  lima tahun ke depan.

Dia berharap dukungan Pemerintah Desa dan masyarakat  agar  roda  organisasai ketakmiran bisa berjalan optimal guna memakmurkan masjid.

“Pelantikan ini memberi tanggung jawab besar kepada pengurus dan menjadi semacam komitmen terbuka untuk sungguh-sungguh mengelola masjid dan memakmurkannya,” kata dia. (sol)