Talih Asih Bagi Korpri, Ternyata Hanya Ada di Sleman

108
Sri Muslimatun menyerahkan tali asih bagi pegawai yang purna tugas terhitung sejak 1 Januari sampai 30 Juni 2018, Kamis (26/07/2018)di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman. (Nila Hastuti/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID--Korpri (Korps Pegawai Negeri) Kabupaten Sleman menyerahkan tali asih bagi pegawai yang purna tugas terhitung sejak 1 Januari sampai 30 Juni 2018, Kamis (26/07/2018) di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman. Tali Asih merupakan wujud komitmen Korpri dalam memberdayakan anggotanya, baik yang masih aktif ataupun purna tugas.
Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun menyampaikan bahwa yang terpenting dari program tali asih ini bukan jumlah nominal yang diterima oleh masing-masing anggota. Tali asih ini merupakan upaya menjaga hubungan yang baik kepada para anggotanya.
“Bukan berapa jumlahnya. Tapi itu tali asih diantara kita, untuk saling merekatkan di antara kita,” kata dia.
Sri Muslimatun mengungkapkan bahwa purna tugas bukan berarti tidak produktif lagi. Dia mengajak para purna tugas untuk tetap berperan aktif dalam rangka berbakti pada bangsa dan negara. Dengan begitu, lanjutnya, para purna tugas dapat memanfaatkan masa tuanya dengan sebaik mungkin.
“Saya ini juga purna tugas sejak 2009. Tapi saya tetap semangat. Mari kita berbuat sesuatu untuk bangsa dan negara, sesuai kemampuan masing-masing,” tutur Sri Muslimatun.
Sementara Sumadi, selaku Sekda Pemerintah Kabupaten Sleman mengatakan bahwa program tali asih telah dicanangkan sejak Desember tahun 2012. Kini tali asih dijadikan program prioritas bagi dewan pengurus Korpri sejak tahun 2013.
Dia juga menjelaskan bahwa Korpri Kabupaten Sleman saat ini menjadi rujukan bagi daerah-daerah lain terkait pengelolaan anggotanya.
“Perlu diketahui bahwa program tali asih ini hanya ada di Kabupaten Sleman. Maka kita berbangga dengan ini,” kata Sumadi.
Sumadi juga menuturkan bahwa tali asih dilaksanakan secara periodik sebanyak 2 kali dalam satu tahun. Pada periode pertama ini, kata Sumadi, tali asih diberikan kepada anggota Korpri yang telah purna tugas per 1 Januari – 30 Juni 2018. Sedangkan jumlah penerima tali asih adalah sebanyak 279 orang.
“Jadi teman-teman yang purna tugas setiap tahun sekitar 279-an kalo tahun ini kira-kira 500- an,” ucapnya
Jumlah tersebut terdiri dari anggota Korpri purna tugas atau pensiun sebanyak 247 orang, yang terdiri dari PNS maupun BUMD. Kemudian anggota Korpri yang pensiun dini ada sebanyak 17 orang. Ditambah anggota Korpri yang meninggal dunia sebelum memasuki batas usia pensiun sebanyak 15 orang.
Sumber dana tali asih berasal dari iuran anggota secara rutin setiap bulan sebesar Rp 5000 per anggota. Sampai saat ini rata-rata perorang sudah memberikan iuran sebanyakRp 325.000. Adapun jumlah uang yang diserahkan kepada penerima tali asih Korpri sebesar Rp 1 juta per orang.(SM)

Baca Juga :  KUBE Berprestasi Harumkan Nama Sleman