Tanah Longsor Merusak Dua Rumah

204

KORANBERNAS.ID — Hujan deras dan angin kencang yang terjadi Minggu (04/02/2018) malam hingga Senin (05/02/2018) pagi di Kabupaten Kebumen mengakibatkan bencana tanah longsor di dua desa dan pohon tumbang di desa lainnya. Akibat tiga kejadian itu, tiga rumah mengalami rusak ringan hingga rusak sedang. Tidak ada korban jiwa.

Pelaksana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Eko Widiyanto, kepada koranbernas.id menjelaskan bencana tanah longsor pertama kali terjadi di Desa Karangtengah Kecamatan Karanggayam Kebumen. Longsoran tanah dari tebing perbukitan menimpa dinding dan atap rumah Budi Setyawan. Tingkat kerusakan rumah mencapai 30 persen.

Laporan tanah longsor juga terjadi di Kelurahan Plarangan Kecamatan Karanganyar, Kebumen Senin (05/02/2018) siang. Rumah milik Parto Mijan di Dukuh Kalongbali mengalami kerusakan. Rumah korban berada di bawah perbukitan. Tanah longsor dipicu curah hujan tinggi Minggu malam hingga Senin dini hari.

Sedangkan pohon tumbang yang disebabkan angin kencang dan hujan deras terjadi di Desa Ambalresmi Kecamatan Ambal Kebumen, Minggu malam. Pohon tumbang menimpa rumah milik Wahyu Pambudi. Kerugian mencapai Rp 5 juta. Kejadian di tiga lokasi itu tidak ada korban jiwa. (sol)

Baca Juga :  BPD Harus Tingkatkan Kesejahteraan