Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Hari Gunung

118
Warga melakukan aksi penanaman pohon, dalam rangka memperingati Hari Gunung, Rabu (13/12/2017). (Endri Yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Dalam rangka memperingati Hari Gunung Internasional, warga Desa Traji, Kecamatan Parakan, Temanggung melakukan kegiatan penghijauan dan penebaran benih ikan di lokasi Sendang Sidukun dan Gumuk Suci.

Kegiatan penghijauan dengan penanaman 2.000 batang pohon di Sendhang Sidhukun dan Gunuk Suci tersebut melibatkan karang taruna, pecinta alam serta Bina Keluarga Remaja (BKR). Untuk penebaran benih ikan hanya dilakukan di Sendhang Sidukun.

Tumarno selaku Kepala Desa Traji, ketika ditemui  Rabu (13/12/2017) mengatakan kegiatan itu telah dilakukan beberapa hari lalu. Selain sebagai wujud kecintaan kepada alam, kegiatan ini juga sebagai salah satu kegiatan pelestarian lingkungan.

Dikatakan, dalam jangka panjang, penghijauan ini juga bertujuan untuk menjaga persediaan air tanah agar dimasa mendatang saat musim kemarau tiba, sumber air tidak mengalami penyusutan.

Baca Juga :  Membaca Buat Kita Tak Gampang Terprovokasi

Tumarno menambahkan, untuk kegiatan pelestarian lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan juga harus ada keterlibatan seluruh element masyarakat. Akhirnya dia berharap dengan  kegiatan pelestarian lingkungan tersebut Desa Traji semakin bertambah asri serta ijo royo-royo. (SM)