Tanamkan Pancasila di Benak Kaum Muda

122

KORANBERNAS.ID – Tantangan kebangsaan ke depan makin beragam. Untuk itu, kaum muda perlu dibekali kesadaran dan pemahaman ideologi Pancasila dan patriotisme supaya tertanam di benak dan pikiran mereka.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menegaskan hal tersebut saat berbicara dalam forum Sinau Pancasila dan wawasan kebangsaan di Pendapa Kecamatan Sleman, Kamis (08/02/2018).

“Ada keprihatinan, masih ada pihak tertentu yang melakukan tindakan intoleransi, ada masalah konflik. Agar dapat mengatasi masalah kita semua perlu belajar lagi Pancasila,” kata Eko Suwanto.

Salah satu keprihatinan itu adalah gejala disintegrasi sosial yang mewarnai kehidupan sosial masyarakat.

“Kita sudah bersepakat Yogyakarta itu kota yang toleran. Kok bisa muncul berbagai tindakan intoleransi serta tindakan yang mencerminkan konflik di antaranya klithih. Tindakan intoleransi maupun kekerasan ini nyata-nyata bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Tindak kekerasan atas nama apapun mengkhianati cita-cita keistimewaan DIY,” kata politisi muda PDI Perjuangan itu.

Baca Juga :  Desa Wisata Laksana Ilusi, Benarkah?

Eko Suwanto menambahkan dalam kehidupan kebangsaan kini, Pancasila seharusnya bisa menjadi sumber rujukan kebijakan. Sejatinya intisari Pancasila adalah gotong royong yang hidup di tengah masyarakat.

“Kita sudah di anugerahi sama Gusti Allah yaitu Pancasila. Maka ayo kita sinau secara sungguh-sungguh, kita lakukan pembatinan serta melaksanakan nilai-nilainya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk dalam kebijakan pembangunan. Kepada para elit, ayolah kita berikan keteladanan bagi masyarakat,” kata dia.

Ke depan semua pihak diminta bisa membuat Sinau Pancasila di beberapa desa agar bisa mengingatkan angkatan Sinau Pancasila. (sol)