Tebang Ranting Pohon, Lansia Tewas Tersengat Listrik

161

KORANBERNAS.ID – Nasib malang menimpa Aminudin Yatimin (67), warga Desa Nampudadi Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Rabu (18/10/2017) sore, lansia ini tewas tersengat aliran listrik tegangan tinggi di depan pekarangan rumahnya.

Listrik tegangan tinggi itu mengalir ke ranting pohon basah  yang ditebang usai hujan. Saksi kejadian yang juga tetangga korban, Achmad Faozan (37), kepada anggota Polsek Petanahan mengungkapkan, korban memotong sejumlah ranting pohon mlandingan yang tumbuh rimbun di antara jaringan listrik distribusi PLN.

Kecelakaan terjadi ketika korban tidak mampu menahan ranting pohon yang cukup besar. Ranting  paling besar  berada di atas  kabel. Karena basah, aliran listrik mengalir dan menyengat  tubuh korban.

Baca Juga :  Dua Kabupaten Belajar Penanganan Orang dengan Gangguan Jiwa ke Kebumen

Kapolsek Petanahan AKP  Made Arjana mengatakan, cukup sulit  mengevakuasi tubuh korban yang meninggal di atas pohon.  Dengan  bantuan petugas  PLN Petanahan, tubuh korban berhasil dievakuasi.

Setelah dilakukan visum oleh dr Agus dari Puskesmas Petanahan,    keluarga korban, Kamis (19/10/2017) pagi  memakamkannya di makam desa.

Made Arjana kepada masyarakat mengingatkan agar tidak memotong ranting pohon yang  berdekatan dengan kabel  jaringan   listrik PLN, apalagi pada musim penghujan.

Jika ingin memotong ranting pohon, masyarakat hendaknya meminta bantuan kantor PLN terdekat. “Berbahaya jika dilakukan sendiri,” kata dia. (sol)