Telur Asin Rasa Soto Ayam. Kok Bisa?

875
Proses pembuatan telur asin di kelompok P2WKSS “Arum Dalu” Kasihan yang beralamat di Cemplung Lor,Desa Tirtonirmolo,Rabu (27/12/2017). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Selama Ini jika kita menikmati telur asin, maka rasa yang ada adalah asinnya garam alias rasa original. Namun di tangan ibu-ibu warga Dusun Cemplung Lor, Desa Tirtonirmolo,Kec Kasihan telur bisa ‘menjelma’ jadi aneka rasa. Diantaranya adalah rasa bawang, rasa soto ayam, rasa bawang hingga rasa pedas.

Kok Bisa?

“Kalau original kami tidak menggunakan bumbu, namun untuk aneka rasa tadi kami campurkan bumbu rempah-rempah serta ada cabenya juga untuk rasa pedas,” kata Retno Widayati koordinator kelompok Program Terpadu
Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) “Arum Dalu” Kasihan Dusun Cemplung Lor saat acara ‘Dinamika Desa’ yang digelar Kantor Kominfo Bantul, Rabu (27/12/2017).

Baca Juga :  Bupati Jenguk Korban Insiden Gereja

Bumbu tersebut prosesnya dicampur ke tanah liat yang digunakan untuk membungkus telur asin plus remukan batu bata. Untuk telur rasa original atau asin membutuhkan waktu seminggu hingga telur ‘masir’ namun untuk aneka rasa membutuhkan waktu 10 hingga 15 hari agar bumbu tersebut meresap ke dalam telur yang diproses.

Adapun bahan baku pembuatan tersebut yakni telur bebek dan telur ayam diambil dari peternak setempat dan juga pasokan dari Kulonprogo. Mereka membuat telur asin berdasarkan pesanan termasuk order dari reseller. Maksimal pemesanan 300 pack, dimana setiap pack berisi 6
butir. Untuk harga telur asin original dilepas Rp 3.000 per butir, sedangkan aneka rasa Rp 5.000 per butir.

Baca Juga :  Perda Ini Diakui Tidak Seksi

“Kalau untuk pemesaran kami tidak ada kendala, karena sudah ada yang memasarkan yakni para reseller tadi,”katanya.

Menurut Retno antusiasme pasar terhadap telur asin yang diproduksi i kelompok mereka sejak tahun 2015 bagus. Terbukti jumlah produksi juga meningkat. Jumlah tenaga kerja juga bertambah dari 30 ibu-ibu menjadi 50 orang. (yve)