Temanggung Berhasil Penuhi Target Produksi Beras

276
Sarwo Edhy melakukan panen padi serempak di Desa Kertosari Temanggung, Jumat (22/12/2017). (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kabupaten Temanggung berhasil memenuhi target produksi beras. Sesuai data citra satelit pada Desember 2017, Kabupaten Temanggung memiliki luas panen sebesar 9,26 hektare dengan menghasilkan panen berupa gabah kering sebesar 12.846 ton yang setara 7.965 beras.

Sementara  kebutuhan beras di Kabupaten Temanggung sendiri, per bulannya  sebesar 7.154 ton saja. Artinya kebutuhan beras di Kabupaten Temanggung ini sangat tercukupi sehingga terjadi surplus.

Hal itu dikatakan  Sarwo Edhy selaku Direktur Buah dan Holtikultura, Direktorat Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian, saat ditemui di acara panen serempak di Desa Kertosari Kecamatan Temanggung, Jumat (22/12/2017).

Terjaminnya produksi tersebut karena adanya sinergritas antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah secara terus menerus, dalam menjamin dan meningkatkan hasil produktivitas padi.

Baca Juga :  Kemendes PDTT Sebut Dlingo Desa yang Luar Biasa

Selain itu, pemerintah juga menyalurkan berbagai kebutuhan petani seperti pompa air, traktor, benih berkualitas, rehabilitasi jaringan irigrasi tersier dan juga embung.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Temanggung, Harnani, menyebutkan pada 2017 hasil produksi padi di Temanggung mencapai 201.998 ton, jika menjadi beras sebanyak 125.000 ton per tahun.

Menurut Harnani produksi padi di Temanggung pada 2017 mengalami peningkatan, karena disebabkan  adanya peningkatan luas panen sebesar 500 hektare. Hasil panen ini mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat Temanggung.

Dia mengatakan, setiap penduduk membutuhkan 113 kg beras per kapita dengan perhitungan jumlah penduduk Temanggung sekitar 759.000 jiwa. Terjadi surplus sebesar 39.000 ton dalam satu tahun. (sol)

Baca Juga :  Anggi Tak Pernah Kehilangan Rasa Percaya Diri