Temanggung Enam Kali Raih Opini WTP

179

KORANBERNAS.ID — Untuk ke enam kalinya secara beruntun sejak 2012, penyajian laporan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung tahun 2017 kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Pjs Bupati Temanggung, Sudaryanto, menerima langsung penyerahan LHP dari Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Hery Subowo,  di Semarang.

Sudaryanto ketika dimintai konfirmasinya, Kamis (31/05/2018), menyatakan seluruh pihak harus menjaga komitmen mempertahankan status WTP pada laporan keuangan tahun 2018.

“Dengan meningkatkan semangat kerja, kedisiplinan, kejujuran dan tanggung jawab yang tinggi, saya yakin seluruh pihak dapat menyajikan laporan yang akuntabel dan tepat waktu,” ujarnya.

Diperolehnya opini WTP dari BPK RI harus bisa memacu peningkatan kinerja seluruh jajaran Pemkab Temanggung. Dengan demikian tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan ke depan lebih baik sehingga bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Ribuan Orang Berlari Demi Rasa Nasionalisme

“Prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran birokrasi dalam mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik dan benar,” kata dia.

Menurut Pjs bupati, prestasi itu sudah seharusnya dapat memacu semangat seluruh aparat birokrasi dalam meningkatkan kinerja pelayanan masyarakat.

Dengan demikian tugas-tugas kedinasan dapat dilaksanakan sesuai aturan, efektif dan efisien dalam kerangka  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia berharap predikat opini WTP ini bisa dipertahankan di tahun-tahun mendatang, guna membangun Temanggung yang lebih baik.

“Opini WTP yang kita terima merupakan wujud dari penyajian laporan keuangan yang sudah memperhatikan kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, pengandalan sistem pengendalian intern, utamanya kepatuhan kepada peraturan dan perundang-undangan,” paparnya.

Baca Juga :  Tinggal Klik, Pembayaran Tagihan Pun Beres

Capaian itu tidak hanya menjadi kebanggaan tersendiri, namun juga harus menjadi cambuk agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik. (sol)