Temanggung Kini Punya TV

858
Studio siaran Temanggung TV mulai diujicobakan. (koranbernas.id/endri yarsana)

KORANBERNAS.ID -Stasiun Televisi Temanggung (Temanggung TV) milik Pemerintah Kabupaten Temanggung yang berlokasi di Jalan lingkar Maron Sidorejo, saat ini tengah melakukan uji coba siaran, menyusul telah terpasangnya alat pemancar dan studio siaran. Uji coba siaran bertujuan untuk mengukur kualitas maupun kuantitas siaran, sekaligus mengenalkan kepada publik.

Kabag Humas Setda, Witarso Saptono Putro, saat ditemui di kantornya, Rabu (27/09/2017), menjelaskan uji coba siaran Temanggung TV semula akan dipancarkan melalui satelit Telkom-1, namun karena rusak kemudian beralih menggunakan satelit Telkom-3S.

Menurut Witarso, alat pemancar dan peralatan studio siaran senilai Rp 6,5 miliar tersebut dianggarkan melalui APBD Kabupaten Temanggung tahun anggaran 2017. Pengadaan peralatan pemancar dan studio siaran dilakukan lewat proses lelang secara terbuka dengan memanfaatkan Layanan Pengadaaan Secara Elektronik (LPSE). Sedang gedung dibangun pada tahun anggaran 2016, berlantai dua.

Witarso mengatakan, uji coba siaran bertujuan untuk mengukur kualitas maupun kuantitas siaran sekaligus mengenalkan kepada publik. Dengan demikian bisa diukur sejauh mana siaran TV bisa dipancarkan, baik secara kualitas maupun kuantitas. Materi uji coba siaran meliputi berbagai informasi pembangunan, pemerintahan, budaya, kepariwisataan, home industri dan potensi unggulan lainnya.

Siaran uji coba dilakukan setiap hari mulai pukul 08 pagi sampai jam 11 malam (15 jam). Untuk dapat menikmati siaran Temanggung TV warga masyarakat bisa mengakses dengan mengarahkan antena ke satelit Telkom 3S. Cara mencari channel Temanggung TV harus tracking satelit Telkom 3S kemudian tambah nomer frekuensi Temanggung TV secara manual di daftar transponder yakni frekuensi 3570/H/3000.

Selanjutnya, lakukan scan pada transponder Temanggung TV terbaru di satelit Telkom 3S tersebut. Bisa juga melakukan blind scan pada satelit Telkom 3S yang di lock tersebut. Jika mengalami kesulitan, bisa menghubungi teknisi parabola terdekat.

“Hasil uji coba siaran nantinya akan kita evaluasi apakah sudah memenuhi standart kualitas maupun kuantitas siaran. Manakala belum. maka akan kita lakukan perbaikan secukupnya sehingga siaran bisa berjalan baik dan lancar sejajar dengan stasiun TV yang sudah ada, utamanya TV lokal berbagai daerah,“ ujarnya.

Siaran ujicoba ini direncanakan sampai akhir bulan Oktober. Pada bulan Nopember mendatang diharapkan sudah bisa siaran efektif . Oleh karena itu, untuk kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) saat ini tengah dilakukan berbagai persiapan perekrutan karyawan, mulai tenaga keamanan, tehnisi, reporter, penyiar hingga tenaga menejerial dan unsur terkait lainnya.

Witarso berharap masyarakat Temanggung memberi dukunga doa dan restu agar Temanggung TV bisa menjadi LPPL kebanggaan masyarakat. “Dan yang lebih utama, semakin bermanfaat bagi masyarakat untuk bersama membangun Temanggung agar semakin maju, berkembang, mandiri dan sejahtera,” katanya. (eru)