Temanggung Promo Kopi ke China

254
Kontes kopi Temanggung. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung bakal mempromosikan produk kopi daerah tersebut ke negara China pada pameran China Asia Expo 9-16 September 2017.

“Pemkab Temanggung diundang untuk mengikuti pameran tersebut dan akan mengisi stan food and drink,” kata Ronny Nurhastuti, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan UMKM dan Koperasi Kabupaten Temanggung, Senin (21/08/2017).

Pihaknya akan membawa kopi Temanggung jenis arabika maupun robusta serta sejumlah makanan kecil. “Kami belum putuskan untuk membawa produk kopi atau makanan kecil yang mana, yang jelas harus sudah memiliki sertifikat halal,” katanya.

Kemungkinan, kopi bubuk yang dipilih atau sebagian rosting yang memang mudah dibawa. Sekitar lima produk jenis robusta dan arabika kopi Temanggung saat ini sudah bersertifikat halal.

Baca Juga :  Kebumen Bakal Punya Puskesmas IPWL Napza

Bupati Temanggung Bambang Sukarno mengatakan dengan mengikuti China Asia Expo berarti juga mempromosikan kopi Temanggung sehingga semakin dikenal di tingkat internasional.

Untuk meningkatkan produksi kopi di Temanggung pihaknya akan memperbanyak penanaman kopi, bekerja sama dengan Perum Perhutani. Sebelumnya pada 2016 Pemkab Temanggung mengikuti perhelatan Speciality Coffee Association of America (SCAA) Expo di Atlanta Amerika Serikat.

Pada kontes kopi yang dikuti negara-negara penghasil kopi di dunia tersebut, kopi Temanggung menyabet juara kedua. Prestasi itu dapat meningkatkan pamor produk kopi Temanggung dan layak untuk ikut berbicara di kancah internasional. (edy)