Temanggung Waspada, 12 Kecamatan Rawan Bencana

435
Salah satu kawasan di temanggung yang dinilai rawan bencana. (Endri Yarsana/ koranbernas.id)

 KORANBERNAS.ID–Hujan dengan intensitas tinggi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung mengimbau masyarakat di daerah rawan bencana agar tetap waspada.

Badan Meteorologi dan Geofisika Provinsi Jawa Tengah telah memperkirakan  puncak musim hujan diperkirakan terjadi Januari 2018 mendatang.

Terkait kondisi cuaca tersebut, terdapat 12 kecamatan di Kabupaten Temanggung yang termasuk daerah rawan bencana. Meliputi Kaloran, Kranggan, Pringsurat, Kandangan, Gemawang, Candiroto, Bejen, Wonoboyo, Tretep, Jumo, Parakan dan Kledung.

Sebagai langkah antisipasi, BPBD telah bersiaga melakukan pembentukan pos laporan yang terbagi menjadi enam titik. Pos Satu yang terdapat di Kantor BPBD, Pos Dua mengampu Kecamatan Kaloran, Kranggan dan Pringsurat, Pos Tiga meliputi Kecamatan Kandangan, Gemawang dan Jumo.

Baca Juga :  Seluruh Petugas Apel Pagi Kaum “Kartini”

Selanjutnya Pos Empat meliputi Kecamatan Candiroto dan Jumo, berikutnya Kecamatan Wonoboyo dan Tretep berada dalam Pos Lima, dan terakhir Pos Enam meliputi Kecamatan Parakan dan Kledung.

Kasi Penanganan Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi  ketika ditemui, Kamis (7/12/2017), mengimbau agar masyarakat Temanggung tetap waspada dengan kondisi cuaca saat ini terutama dengan adanya angin besar, hujan lebat maupun banjir meskipun dari pihak BPBD juga telah menyiapkan beberapa langkah antisipatif.(SM)