Temukan Penyimpangan Dana Desa, Laporkan

308
Sekjen Kementerian Desa, Anwar Sanusi mengambil sumpah pejabat di lingkungan Kemendes PDT dan Transmigrasi di Kampung Mataraman, Sewon, Bantul, Rabu (12/09/2018). (Sari Wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT) danTransmigrasi membuat Satuan Tugas (Satgas) pengawasan Dana Desa (DD).

Untuk itu, masyarakat yang menjumpai dugaan penyelewengan pengunaan DD bisa menghubungi hotline Kemendes PDT di  nomor telepon 1500040.

“Silahkan bagi yang menemukan indikasi penyimpangan untuk bisa melapor. Di sana sudah ada anggota Satgas yang  berasal

dari berbagai elemen termasuk dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) misalnya Pak Bibit Samad Riyanto,”kata Sekjen Kemendes Anwar Sanusi di sela acara “Pelantikan dan Pengambilan Sumpah serta PenandatangananPakta Integritas dan Perjanjian Kerja Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Kemendes PDT”di Kampung Mataraman, Rabu (12/09/2018).

Baca Juga :  Tangan Boimin Bergetar Didatangi Polisi

Nantinya laporan yang masuk tersebut  akan ditindak lanjuti oleh Satgas dan dari Kemendes.

Menurut Anwar, Dana Desa sendiri memang diperuntukkan bagi kepentingan kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakatnya.  Total Dana Desa (DD) di tahun 2018 adalah Rp 60 triliun.

“Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, maka semua aparatur termasuk yang hari ini dilantik harus memiliki jiwa sebagai abdi masyarakat. Maka mereka harus turun ke lapangan untuk melihat realita dan juga mengetahui apa yang diinginkan oleh masyarakat di desa,”katanya.

Maka sengaja pelantikan 50 pejabat di  lingkungan Kemendes PDT dan Transmigrasi dilakukan di Kampung Mataraman yang dinilai sukses memanfaatkan Dana Desa (DD) dengan membentuk BUMDes dan kemudian memberdayakan masyarakat dengan pembuatan Kampung Mataraman yang hingga September ini omsetnya mencapai Rp 3 miliar.

Baca Juga :  Seniman Menari di Monumen Tugu Jogja

Sementara Wakil Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih menyambut baik pelantikan pejabat di tempat tersebut.

“Semoga ke depan masyarakat desa semakin sejahtera dengan adanya DD,”kata Halim.

Untuk Kabupaten Bantul besarnya DD tahun 2018 sebesar Rp 79 miliar naik dari tahun 2017 sebesar Rp 69 miliar. (SM)