Tenang, Korban Kebakaran Wonokriyo Dapat Ganti Rugi

404
Warga melihat sisa bangunan Pasar Wonokriyo, Kebumen yang terbakar. (nanang wh/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pedagang korban kebakaran Pasar Wonokriyo, Gombong tak perlu khawatir. Pemerintah kabupaten (pemkab) Kebumen memastikan akan memberikan bantuan kepada mereka.

Kepastian pemberian bantuan itu didapat setelah DPRD Kabupaten Kebumen, Rabu (20/09/2017) menetapkan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (perda APBD) Perubahan Tahun Anggaran 2017.

Bupati Kebumen HM Yahya Fuad dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Kebumen, H Cipto Waluyo mengatakan, hasil evaluasi Gubernur Jawa Tengah terhadap Raperda APBD Perubahan tahun anggaran 2017 disebutkan anggaran untuk bantuan tidak bersumber dari dana tak terduga.

Ada pengalihan sebagian tambahan dana tak terduga menjadi dana bantuan sosial. Dana diperuntukan untuk pedagang dan bantuan diberikan dalam bentuk uang.

“Evaluasi Gubernur yang akan dilakukan dengan cara mengalihkan sebagian tambahan anggaran Belanja Tak Terduga ke Belanja Bantuan Sosial sesuai dengan sasarannya dengan tetap mempedomani ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,“ kata HM Yahya Fuad.

Bupati berharap, program yang dilaksanakan pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2017 betul-betul memperhatikan masyarakat ekonomi menengah kebawah. Dengan demikian dapat berdampak positif terhadap penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Kebumen.

Soal penyerapan anggaran, HM Yahya Fuad menjelaskan, penyerapan anggaran hingga triwulan III bulan Agustus 2017 baru sekitar 47,97 persen. Dia menghimbau penyerapan APBD dapat dipercepat, sehingga sisa lebih penggunaan anggaran di akhir tahun anggaran tidak besar.

“Percepatan dan tingginya penyerapan anggaran akan berdampak positif supaya pertumbuhan perekonomian dan hasil-hasilnya segera dinikmati masyarakat,” jelasnya.

Seperti diberitakan, penambahan dana tak terduga diberikan bagi pedagang Pasar Wonokriyo yang merupakan korban kebakaran Minggu (4/9/2017) lalu. Legislatif menyetujui usulan tambahan anggaran dana tak terduga dengan kompromi eksekutif memenuhi usulan besaran tunjangan untuk anggota DPRD Kabupaten Kebumen. (yve)