Tengok Lokasi Bencana, Wakil Rakyat Bawa 4 Ton Beras

162
Anggota Komisi V DPR RI, HM Idham Samawi secara simbolis menyerahkan bantuan bagi korban bencana  saat kunjungan ke Balai Desa Sriharjo, Imogiri, Selasa (5/12/2017) sore.(Sari Wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Rombongan komisi V DPR Ri dipimpin ketuanya, Ir  Fary  Djemy Francis MMA mengunjungi posko bancana di Balai Desa Sriharjo, Imogiri, Selasa (5/12/2017) sore. Nampak hadir dalam kesempatan tersebut adalah anggota Komisi V termasuk Drs HM Idham Samawi yang berasal dari Dapil DIY dan pernah menjabat sebagai bupati Bantul dua periode.

Kedatangan komisi V DPR RI dan mitra kerja ini disambut Assisten I Pemkab Bantul Drs Helmi Jamharis, Komisi A DPRD Bantul, Amir Syarifudin, Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto, Muspika  Imogiri, Lurah se Imogiri, para relawan dan masyarakat sekitar.

Kedatangan rombongan Komisi V ini sambil membawa bantuan beras 4 ton yang diangkut menggunakan truk besar dan mie instan 160 dus yang juga diangkut menggunakan armada truk. Rombongan juga berkesempatan melihat kondisi jembatan dan talud yang jebol di Desa Sriharjo.

Baca Juga :  Kapolresta Kendarai Ninebot Cek Pengamanan Obyek Wisata

“Kedatangan kami adalah untuk melihat secara langsung kondisi bencana yang ada di  Bantul dan nanti lanjut ke Gunungkidul,”kata Fary. Tentu saja nanti dalam recovery paska bencana akan disuport oleh pemerintah pusat menggunakan dana APBN.

Sedangkan Helmi Jamharis mengatakan kerusakan akibat bencana banjir dan tanah longsor saat ini terus didata dan jumlahnya terus bertambah.

“Untuk infrastruktur saja yang sudah terdata kerugian Rp 162 miliar lebih. Ini belum termasuk kerugian yang lain seperti pertanian,” katanya.

Sedanglan Dwi Daryanto mengatakan pihak BPBD terus melakukan pendataan kerusakan akibat bencana. Jumlahnya masih berubah dan bertamah dari hari ke hari.

Sementara itu Amir Syarifudin mengatakan kalau sebagai wakil rakyat dirinya memilih untuk terjun ke lapangan guna melihat apa yang saat ini dibutuhkan paska bencana dahsyat akibat Siklon Cempaka 28 November lalu.

Baca Juga :  Wisudawan UKDW Diharapkan Mampu Bersaing

“Saya memilih untuk melihat kondisi masyarakat, dan menyerap informasi apa saja yang sekiranya dibutuhkan mereka,” kata Amir. (SM)

 

Kerugian Paska Bencana Bantul

Jembatan                : 15 jembatan

Jalan                   : 9 ruas

Talud                 : 22 titik

Bendung         : 13 titik

Rumah           :178 rumah

Pertanian               :161 hektar

Selolan               :44 ruas

Gorong-gorong   :4 titik

Pengungsi               : 9.953 jiwa

Meninggal               : 3 orang

 

*Data BPBD Bantul per 5 Desember 2017.