Thek-thek Meriahkan Uji Publik DPS Pilgub Ini

110
Uji publik DPS Pilgub Jateng di Desa kalikajar,Kecamatan Kaligondang, Purbalingga, Selasa malam (27/3/2018) di halaman balai desa setempat, dengan hiburan musik thek-thek. (prasetiyo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Selasa (27/03/2018) menggelar uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) secara serentak di setiap Panitia Pemungutan Suara (PPS) mulai pukul 09.00 WIB hingga malam hari. Berdasarkan pantauan KPU Purbalingga, masyarakat antusias menanggapi DPS itu.

Berbagai hiburan menarik digelar di setiap PPS, diantaranya seni thek-thek, wayang kulit, organ tunggal, kuda lumping, seni hadroh, dan sebagainya. Tak lupa, sejumlah door prize disediakan oleh setiap PPS, untuk pengunjung yang beruntung.

Adanya seni pertunjukkan dan door prize itu membuat masyarakat antusias dalam menanggapi DPS yang sudah dipasang di setiap balai desa, dan tempat-tempat strategis di setiap PPS.

“Tadi saya sudah mencermati di DPS yang terpampang di balai desa, nama saya sudah tercantum. Saya siap mencoblos salah satu Cagub Jateng pada Rabu Pon,27 Juni 2018 mendatang,” ujar Titis Sri Andijati (48) yang menyaksikan sosialisasi dan uji publik DPS di halaman Balai Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga.

Baca Juga :  Implementasi KLA Tergantung Kondisi Tiap Daerah

Di Purbalingga, terdapat 740.314 pemilih terdaftar pada DPS yang diterbitkan oleh KPU Purbalingga. Pemilih sebanyakitu, terdiri 372.030 pemilih laki-laki, dan 368.284 pemilih perempuan. Mereka terdata pada 1655 TPS yang tersebar pada 224 desa, dan 15 kelurahan, atau tersebar di 18 kecamatan yang ada di Purbalingga.

Divisi Mutarlih (Pemutakhiran data pemilih) KPU Purbalingga, Eko Setiawan, ST mengatakan, uji publik adalah metode untuk mengkonfirmasi DPS yang sudah dibuat.

“Uji publik memiliki tujuan untuk membersihkan pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang masih ada di DPS, kemudian untuk memasukan pemilih Memenuhi Syarat (MS) yang belum ada di DPS. Dan untuk memperbaiki data pemilih yang masih belum betul di DPS,” ujarnya.

Baca Juga :  Buka Bersama Pererat Silaturahim

Jadi, sambungnya, uji publik bertujuan untuk membuat DPT lebih berkualitas, yakni mutakhir, akurat dan komprehensif.

“Dengan digelarnya uji publik DPS ini, untuk mendapatkan legitimasi publik atau masyarakat bahwa kerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) adalah akuntabel dan transparan. Dan sesuai harapan dengan tagline Pilgub Jateng 2018 yaitu ‘Becik Tur Nyenengke’,” ujarnya.

Dijelaskan juga, saat uji publik itu juga ada perekaman e-ktp online di lima titik atau Desa/Kecamatan. Yaitu di Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon, Desa Penolih, Kecamatan Kaligondang, Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari dan Desa Purbasari, Kecamatan Karangjambu.(yve)