Tidak Kreatif Bisa Tergilas Zaman

163

KORANBERNAS.ID — Wakil Bupati Temanggung Irawan Prasetyadi ingin agar promosi potensi desa dapat disampaikan dengan cara-cara kreatif. Jika promosi hanya dilakukan normatif, lambat laun bisa tergilas perkembangan zaman. Promosi kreatif juga harus dimulai dari lingkungan desa.

“Jadi kalau ada investor yang ingin membantu promosi harus dimanfaatkan secara optimal untuk perkembangan potensi warga. Jangan dikosongkan, apalagi investor dimanfaatkan sebagai aji mumpung. Mereka harus disambut dan dilayani dengan baik untuk partner promosi,” katanya usai membuka Expo Panen Raya Temanggung 2017  di Lapangan Candimulyo, Kedu Temanggung, kemarin.

Produk-produk desa sekarang banyak diminati pasar, produk yang bernuansa tradisional merupakan salah satu daya pikat masyarakat perkotaan. Masyarakat desa harus dapat memanfaatkan peluang pasar ini sebagai peluang pengembangan produk desa. “Kopi kan produk desa, sekarang permintaannya sampai di tingkat dunia, itu contohnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Camat Danang Tidak Suka Hanya di Belakang Meja

Ekspo pada tingkat desa seperti ini sangat penting dilakukan sebagai upaya promosi potensi desa. Jika Pemerintah Desa Candimulyo bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik, maka dapat diselenggarakan sebagai ajang mengenalkan potensi desa. “Membaca peluang itu penting, jadi jangan sia-siakan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Direktur Harto Moro Sejahtera (HMS) Tonny Grolier mengatakan, sebagai investor pihaknya menggandeng pihak pemerintah desa untuk mengembangkan potensi desa melalui gelaran ekspo, yang  diikuti 110 stan dari kota-kota besar.

“Untuk lokal Temanggung hanya ada beberapa stan. Padahal kami sudah sediakan khusus dengan harga khusus untuk masyarakat Temanggung,” tandasnya.

Selain stan dengan ruangan ber-AC, juga digelar acara pendukung mulai festival hingga gelaran musik serta kesenian tradisional. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mempromosikan kegiatan kepada masyarakat secara luas. “Tingkat kunjungan cukup tinggi. Apalagi ada diskon hingga 70 persen,” paparnya. (sol)

Baca Juga :  DPRD DIY Dorong Pemda Lakukan Patroli Siber