Tidak Mudah Menjadi Peserta Jambore Pemuda Indonesia

475
Salah satu pemuda mengikuti seleksi dalam rangka persiapan tim menuju JPI. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIY menggelar seleksi untuk tim pemuda DIY yang akan mengikuti even tahunan terbesar bagi pemuda yakni Jambore Pemuda Indonesia (JPI) yang akan berlangsung  15-22 November di Sawah Lunto Sumatera barat.

“Seleksi diadakan di kantor BPO DIY dengan mengundang para penguji yang ahli di bidangnya. Sehingga diharapkan akan didapat tim yang memiliki kualitas prima dan mampu  menjadi tim yang berprestasi di tingkat nasional. Dalam even ini, pemuda terpilih dari seluruh Nusantara akan unjuk kebolehan. Kami berharap, DIY juga bisa menunjukkan tim yang istimewa. Kebetulan Jogja juga diperhitungkan di beberapa even seperti Pemuda Pelopor Tingkat Nasional. Kita menyabet juara terutama dalam bidang kebudayaan,” ujar Latanggang selaku Kepala Seksi Pemuda BPO  Selasa (24/10/2017) di sela-sela acara seleksi.

Ditambahkan, seleksi ini sekaligus untuk menjaring data pemuda berprestasi yang ada di Yogyakarta. Menurut Latanggang, DIY sebenarnya memiliki banyak potensi para pemuda yang berprestasi dari segala bidang terutama dari segi budaya dan kesenian.

“Kondisi DIY sangatlah mendukung untuk pengembangan potensi seni budaya yang ada. Bukan hanya pada seni dan budaya satu suku saja tetapi DIY juga memberikan ruang bagi pertumbuhan seni dari berbagai suku yang ada di Nusantara,” katanya.

Seperti diketahui bahwa DIY menjadi tempat berkumpulnya para mahasiswa dari berbagai tempat dari Sabang sampai Merauke. Bahkan banyak pula mahasiswa asing seluruh dunia yang ada di Jogja. Hal ini memberikan ruang yang cukup bagi pengembangan kreativitas.

Selanjutnya setelah terpilih seleksi para pemuda tersebut akan mendapatkan pelatihan guna persiapan menuju Jambore Pemuda Indonesia yang akan datang.(SM)