Tidak Perlu Takut Kelola Dana Desa

205
Suasana diskusi dalam Bimbingan Teknis bagi kepala desa dari Darussalam Aceh Besar. (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID –– Dana desa harus dikelola sesuai aturan dan perundangan-undangan yang berlaku. Asalkan dilakukan secara benar, tidak ada ketakutan membayangi para perangkat desa.

Pernyataan ini disampaikan Ikhsan Sanubari dari Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Perencanaan Pengelolaan Dana Desa, Rabu (25/10/2017) di Hotel Pesona Inn Yogyakarta.

Di hadapan 59 kepala desa se-Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar, dia menegaskan kepala desa jangan takut mengeluarkan anggaran dana desa.

“Sepanjang wajar dan proporsional maka aman dan juga mengikuti perundangan yang berlaku. Pemerintah melalui Kementerian Desa telah membuat peraturan dan petunjuk yang lengkap tentang pengelolaan dana desa,” paparnya.

Baca Juga :  Sampah Jadi Masalah Semua Desa

Dia mengakui, masih banyak kepala desa takut menggunakan dana desa. Ketakutan tersebut tidak hanya pada regulasi yang ada. “Banyak ditemukan kasus kepala desa bingung mengelola dana desa, karena minimnya program yang dipakai sebagai alat penggunaan dana desa,” kata dia.

Idrus Palar dari Lembaga Kajian dan Pengembangan Otonomi Daerah (LKPOD) menambahkan, kepala desa harus mampu dan memahami pengelolaan dana desa.

“Jangan sampai dana menjadi bumerang bagi kepala desa, sehingga banyak yang menolak menjadi kepala desa atau justru banyak desa tidak bergerak karena ketakutan mengelola dana desa,” katanya. Selanjutnya para kepala desa ini melakukan studi banding di beberapa desa di Jawa. (sol)

Baca Juga :  Bantu UMKM Promosi dengan Jari