Tiga Belas Parpol Ini Siap Bertarung

117
Suasana verfak yang dilaksanakan di Kota Semarang diawasi langsung oleh Panwaslu Kota Semarang dan Panwascam di 16 Kecamatan se Kota Semarang, Selasa (30/01/2018). (b maharani/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang melakukan verifikasi faktual (verfak) terhadap 13 partai politik (parpol) yang telah mendaftar sebagai peserta pemilu, mulai tanggal 30 Januari 2018 hingga 1 Februari 2018.

Anggota Divisi Hukum KPU Kota Semarang, Agus Suprihanto menyatakan jajarannya siap melakukan verfak terhadap 13 parpol. Ke-13 parpol yang diverfak terdiri dari 10 parpol lama dan tiga parpol baru.

Ke 10 parpol lama yaitu NasDem, PDI Perjuangan, Gerindra, PKS, PBB, PAN, PKB, PPP, Demokrat, Golkar, PSI, Garuda, Berkarya. Sementara khusus verfak tiga parpol baru, adalah PSI, Garuda dan Berkarya.

“Verfak dilakukan dalam rangka perbaikan setelah di verfak awal dinyatakan belum memenuhi syarat,” kata Agus, di sela melakukan verfak, Selasa (30/1).

Baca Juga :  Lima Siswa SDN 2 Sokaraja Kulon Keracunan

Ketua Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin dalam kesempatan yang sama disela pengawasan verfak menegaskan bahwa KPU dalam verfak tidak boleh melakukan pembedaan perlakuan antarparpol.

“Semangat kerja KPU saat ini adalah melayani. Tentunya kami berharap KPU bisa menjalankan tugasnya tanpa ada diskriminasi,” tandasnya.

Perlakuan verfak tiap-tiap parpol harus sama, tidak boleh dibedakan antara parpol besar dengan yang kecil.

Pengawasan verfak diantaranya mengenai kepengurusan, perlengkapan kantor hingga keanggotaan. Verfak saat ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti keputusan MK yang mengabulkan gugatan uji materi pasal 173 ayat 3 UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Sebelumnya parpol lama tidak perlu diverfak, namun dengan dikabulkannya gugatan tersebut oleh MK maka ada 10 parpol lama yang diverfak ditambah tiga parpol baru. Pada hari pertama KPU melakukan verfak terhadap PDI Perjuangan, Gerindra, PKS, NasDem, PAN dan PBB yang diawasi langsung oleh Panwaslu Kota Semarang dengan mengerahkan Panwascam 16 kecamatan.

Baca Juga :  Qurban Nusantara Atasi Kekurangan Daging

Ada empat item yang diverifikasi secara faktual oleh KPU, yakni, kepengurusan inti yang terdiri ketua, sekretaris dan bendahara, kemudian keterperhatian 30 % perempuan dari jumlah total pengurus, fasilitas kantor dan keanggotaan. Verfak ini merupakan bagian dari kegiatan pengecekan persyaratan peserta pemilu 2019, Pileg dan Pilpres 2019.(yve)