Tiga Gunungan Ini Tarik Wisatawan

93
Kirab Merti Dusun Nulisan Desa Sumberagung Kecamatan Moyudan Sleman berlangsung menarik dan cukup meriah, Selasa (11/09/2018).(nila jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Kirab budaya tradisional sekarang ini banyak di gelar di beberapa wilayah di DIY tidak terkecuali di Sleman. Bahkan agar menarik perhatian wisatawan, acara kirab budaya dikemas sedemikian rupa. Seperti kirab Merti Dusun Nulisa, Desa Sumberagung Kecamatan Moyudan Sleman berlangsung menarik dan cukup meriah.

“Kirab yang mengelilingi padukuhan diikuti sekitar lebih 500 warga dengan 3 gunungan yakni kolak dan hasil olahan makanan,” kata Junaidi, Kadus Nulisan di sela-sela kirab, Selasa (11/09/2018).

Menurut Junaidi gunungan hasil bumi buah-buahan dan tiga gunungan padi, sayur, ketela dan hasil bumi. Mengiringi kirab diawali barisan pelajar SD dan SMP yang membawa pataka garuda pancasila serta barisan kesenian drumband diikuti barisan muda mudi serta segenap warga Dusun Nulisan dengan memakai busana Jawa sebagai wujud melestarikan budaya Jawa.

Baca Juga :  Warga Terima Bantuan Bedah Rumah

Pentas tari oleh anak-anak Padukuhan Nulisan serta pembagian ketiga gunungan kepada warga yang hadir mengakhiri kirab. Merti dusun diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya kirab budaya, doa syukur serta tumpengan dan diakhiri dengan pagelaran wayang kulit oleh Ki Seno Nugroho, 14 September 2018 mendatang.

“Kegiatan ini juga sebagai rangkaian dalam peringatan HUT RI ke 73 di wilayah Padusunan Nulisan,” tutur Junaidi.

Merti dusun ini dimaksudkan sebagai wujud syukur warga atas nikmat karunia yang diberikan Allah berupa sandang papan dan kelancaran usaha. Selain itu menumbuhkan budaya guyub rukun dan kegotongroyongan warga dusun. (yve)