Tiga Parpol Harus Lengkapi Persyaratan

166

KORANBERNAS.ID — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo, Muh Isnaini,  mengatakan  masih ada tiga partai politik (parpol) yang harus melengkapi persyaratan pendaftaran.

Ketiganya adalah PBB, Berkarya dan PIKA. Seandainya hingga Selasa (17/10/2017) malam pengurus dapat melengkapi persyaratan maka ada 16 parpol yang mendaftar.

Seperti diberitakan, di Kulonprogo ada 13 parpol mendaftar dan menerima tanda terima pendaftaran. Yaitu Perindo, PDIP, Nasdem, PSI, Gerindra, Golkar, PKS, Garuda, PAN,Demokrat, PPP, PKB dan Hanura.

Untuk Hanura, meski telah menerima tanda terima, namun masih harus melengkapi karena berkas salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) belum memenuhi jumlah.

“Empat partai itu harus melengkapi kekurangan berkas, kami tunggu sampai nanti pukul 24:00,” kata Isnaini, Selasa (17/10/2017).

Baca Juga :  Peserta Pacuan Kuda Kepang Wajib Tebar Pesona

Seandainya  hingga batas waktu terakhir empat partai tersebut tidak bisa melengkapi kekurangan berkas, KPU Kulonprogo hanya akan melaporkan ke KPU pusat saja.

“Pendaftaran parpol di pusat. Di tingkat kabupaten, kami hanya menerima berkas salinan keanggotaan. Hasilnya seperti apa, kami laporkan ke KPU pusat,” ujarnya.

KPU pusat akan melakukan penelitian persyaratan yang diserahkan. Bila lengkap dilakukan penetapan partai-partai yang lolos administrasi.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kulonprogo, Ria Harlinawati, mengungkapkan pihaknya melakukan pengawasan proses penerimaan berkas terkait pendaftaran parpol sejak awal hingga batas terakhir.

Menurutnya, KPU Kulonprogo sudah memenuhi kepatuhan prosedur. Ketika ada yang kurang sesuai, KPU juga terbuka menerima koreksi dari Panwaslu Kulonprogo dan menindaklanjutinya. (sol)

Baca Juga :  Ada Wajah-wajah Baru Pengurus PDHI