Tim JPI Jogja Dapat Pembekalan

255
Kepala BPO DIY menyematkan tanda peserta bagi tim yang akan melakukan pembekalan materi di Hotel Pangeran Emas.(istimewa)

KORANBERNAS.ID–Sebanyak 14 pemuda pemudi yang merupakan wakil DIY dalam ajang Jambore Pemuda Indonesia (JPI) mendapatkan pembekalan dalam rangka persiapan mengikuti JPI yang akan digelar 15 November 2017 di Sawahlunto Sumatera Barat.

Kegiatan pembeklan berlangsung di Hotel Pangeran Emas Karangkajen hingga 4 November 2017.

Dalam sambutan pembukaannya Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIY Edy Wahyudi mengemukakan, DIY merupakan propinsi yang memiliki banyak potensi serta para pemuda yang berkualitas. Sehingga tim DIY diharapkan mampu menunjukkan kualitas yang baik pula.

“Dalam berbagai even baik regional maupun nasional, tim dari DIY selalu menunjukkan hasil dan kualitas yang baik. Sehingga dalam JPI ini pun tim yang dikirim harus mampu mewujudkan keistimewaan DIY. Untuk itu  pembekalan berbagai materi menjadi sangat diperlukan guna meningkatkan performa tim DIY,” ujarnya Rabu (1/11/2017) di sela-sela acara.

Baca Juga :  Sarpras Stadion Tridadi Sleman akan Diperbaiki

Dia juga menjelaskan bahwa gelaran Jambore Pemuda Indonesia merupakan even tahunan yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam skala nasional. Dalam gelaran tersebut seluruh pemuda terbaik dari berbagai propinsi akan berkumpul di sana.

“Dalam kesempatan tersebut para pemuda terbaik dari berbagai propinsi  akan menyuguhkan berbagai keterampilan serta prestasi yang dimiliki. Tim DIY juga harus mampu berbicara dalam even tersebut. Sebab selama ini dalam kegiatan JPI tim DIY mampu menunjukkan performa yang berkualitas dan menjadi tim dengan berbagai prestasi,”katanya.

Latanggang selaku penanggung jawab kegiatan mengemukakan, pembekalan yang dilakukan meliputi berbagai aspek baik politik, sosial dan budaya, seperti wawasan kebangsaan. Juga kreatifitas pengembangan usaha manajemen konflik serta berbagai unsur seni budaya yang dimiliki.

Baca Juga :  Anggota DPR RI Beri Bantuan Delapan Ton Roti

“Semua materi akan diberikan oleh para ahli yang berkompeten di bidangnya dan model pelatihan berupa ceramah diskusi tanya jawab brainstorming dan juga praktik. Diharapkan materi yang diberikan mampu memberikan bekal yang cukup menuju JPI nantinya. Rombongan akan didampingi tim pendamping dari BPO DIY,”katanya.

Latanggang juga menjelaskan bahwa kontingen DIY memiliki target yang harus dicapai dalam kegiatan Jambore tersebut. Target tersebut juga merupakan bagian dalam kualitas DIY sebagai daerah yang memiliki berbagai keistimewaan.(SM)