Tim Melakukan Verifikasi Terhadap Calon Penerima Kalpataru

243
Tim melakukan verifikasi lapangan kepada calon penerima Kalpataru di desa Tlahap kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. (Endri Yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung calon penerima Kalpataru sedang menjalani verifikasi yang dilakukan oleh tim verifikasi lapangan penghargaan Kalpataru Tingkat Propinsi Jawa Tengah,

Agus Prasojo Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung, ketika ditemui, di sela-sela acara tersebut Rabu (21/02/2018) mengatakan, ada sebanyak 17 kabupaten di Jawa Tengah yang mengajukan Kalpataru.

Sedangkan di kabupaten Temanggung sendiri ada 7 kelompok tani yang mengajukan untuk mendapatkan penghargaan Kalpataru.

“Dari tujuh kelompok tani tersebut, tim verifikasi memilih Kelompok Tani Margo Rahayu dari Desa Tlahap yang lolos sebagai calon penerima Kalpataru tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Diungkapkan, tugas tim verifikasi adalah meneliti keadaan lapangan dan kegiatan kelompok tani. Setelah dilakukan verifikasi, kelompok tani yang terpilih harus mengumpulkan dan melengkapi bukti fakta lapangan sebagai salah satu syarat calon penerima Kalpataru yang selanjutnya akan kembali dinilai oleh tim verifikasi.

Menurutnya, Kelompok Tani Margo Rahayu adalah kelompok tani yang mengembangkan budidaya tanaman kopi. Di Temanggung, kopi adalah salah satu tanaman yang mulai digandrungi oleh petani karena kualitas yang sudah mendunia. Sehingga petani sudah banyak yang beralih dari tanaman tembakau ke tanaman kopi.

“Saya mempunyai harapan, semoga kelompok tani yang lolos bisa mendapatkan kalpataru sehingga dapat merubah pemikiran masyarakat tentang tanaman tembakau dan beralih ke tanaman kopi yang saat ini sudah meningkat pesat dan bisa memperbaiki perekonomian masyarakat,” ungkapnya.(SM)