Tim Putri Pansa FC Siap Melaju ke Liga Pro

296
Tim futsal putri, Pansa FC dalam peluncuran tim liga pro di RM Ambarketawang, Minggu (07/01/2018) sore. (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Tim futsal putri asal DIY, Pansa FC bersiap melaju ke ajang Liga Woman Pro Futsal League 2018. Membawa 18 tim unggulan, juara 1 Liga Nusantara Nasional 2017 tersebut optimis melaju ketiga besar dalam kejuaraan tersebut.

“Kemenangan berturut-turut tahun lalu jadi ajang promosi kami melaju ke liga pro pada tahun ini,” ujar Manajer Tim Pansa FC, Arief Wahyuanggriawan dalam peluncuran jersey dan tim liga pro di RM Ambarketawang, Minggu (07/01/2018) sore.

Menurut pemilik Pansa Transport tersebut, tim mereka melakukan ujicoba ke banyak tim saat ini. Selain itu memantau kompetensi tim-tim lain yang akan jadi lawan mereka.

Selain itu, tim juga melakukan pembinaan dan latihan secara intensif tiap harinya pada atlet yang hampir semuanya merupakan anak daerah. Optimisme tersebut didukung dua atlet mereka yang saat ini menajdi pemain di tim nasional (timnas) futsal.

“Anak-anak ini ajaib karena pembinaan intensif di tingkat lokal baru kami lakukan empat tahun terakhir meski klub ini sudah ada sejak 2010 lalu. Kami optimis akan meraih hasil terbaik dalam liga pro nanti melalui kerjasama banyak pihak,” tandasnya.

Sementara pelatih tim, Sonya Januari menjelaskan, saat ini belum banyak tim futsal putri yang dimiliki DIY. Karenanya pembinaan untuk regenerasi atlet terus mereka lakukan.

“Saat ini kami punya sekitar tiga puluh atlet, namun yang maju ke liga pro ada delapan belas orang,” jelasnya.

Minimnya atlet futsal putri, lanjut Sonya karena banyak orangtua yang beranggapan cabang olahraga(cabor) tersebut terlalu keras buat putri mereka dan lebih banyak diminati anak laki-laki. Namun seiring perkembangan ekstrakurikuler (ekskul) futsal di berbagai sekolah, cabor tersebut semakin diminati para siswi.

Karenanya Sonya berharap melalui pembinaan yang intensif, nantinya DIY akan memiliki banyak atlet futsal putri. Mereka bisa mewakili DIY bahkan Indonesia dalam berbagai ajang kejuaraan yang saat ini marak dilaksanakan.

“Untuk tim pansa, kami memang sengaja mendidik atlet lokal dari nol sehingga loyalitas mereka terhadap tim cukup tinggi,” ungkapnya.

Ketua Asosiasi Futsal DIY, Armando Pribadi mengungkapkan, DIY baru memiliki dua tim futsal putri. Melalui pembinaan dan keikutsertaan dalam beragam kejuaraan diharapkan akan melahirkan atlet-atlet baru berbakat.

“Apalagi saat ini pssi punya program pengembangan sepakbola wanita. Program itu akan semakin mendukung lahirnya para atlet putri,” imbuhnya.(yve)