Timnas Futsal Targetkan 4 Besar di AFF 2018

189
Kensuke Takahashi, bersama perwakilan FFI DIY, Head of External Communication Kalbe Farma Hari Nugroho dan Arwin Hutasoit, saat simbolisasi dukungan Kalbe untuk Timnas Futsal, Kamis (20/09/2018). (Surya Mega/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID—Tim Nasional Futsal Indonesia, mematok target bisa menembus 4 besar di turnamen AFF 2018 di Yogyakarta. Untuk mencapai target tersebut, punggawa timnas sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri dan serius menjalani training center (TC) di Yogyakarta.

Turnamen ini, menurut rencana dihelat 26-27 September 2018 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pelatih Timnas Futsal Kensuke Takahashi memastikan kesiapan timnya untuk menerobos ke 4 besar dan bersaing dengan tim-tim kuat di Asia.

“Saya bersama tim pelatih dan pemain sudah melakukan banyak hal untuk memperbaiki performa tim. Meliputi peningkatan fisk pemain, strategi atau taktik dan aspek kedisiplinan pemain,” kata Suke, saat press conference di Yogyakarta, Kamis (20/09/2018). Jumpa pers dihadiri pula oleh seluruh punggawa timnas dan perwakilan dari Kalbe Farma selaku pihak sponsor.

Suke mengatakan, dirinya melihat potensi besar dari Timnas Futsal. Terlebih dukungan dari para supporter dan juga kepedulian dari banyak pihak termasuk sponsor, akan menghidupkan motivasi pemain. Motivasi yang dipadukan dengan program pelatihan yang baik dan kedisiplinan pemain, akan menjadi kunci bagi keberhasilan tim di masa mendatang.

“Kami semua akan bekerja keras untuk dapat berbicara lebih jauh di kawasan. Kita tahu siapa saja tim lawan yang memiliki kualitas baik dan berpengalaman. Seperti Malaysia dan Myanmar. Kita pastikan tidak akan kalah dari mereka,” tandasnya.

Head of Marketing Kalbe Baverages Kalbe Farma Arwin Hutasoit mengatakan, pihaknya memiliki komitmen besar untuk ikut memajukan futsal di Tanah Air. Bersama Federasi Futsal Indonesia (FFI), Kalbe mendukung perkembangan olahraga futsal termasuk Timnas Futsal Indonesia agar bisa mencapai prestasi empat besar di Asia.

“Kalbe tetap konsisten mendukung pencapaian prestasi olahraga futsal di Indonesia. Bahkan, Timnas Futsal Indonesia mencapai prestasi empat besar di Piala AFF U-20 yang akan digelar di Yogyakarta November mendatang,” ungkapnya.

Menurut Arwin perseroan juga mendukung pembinaan atlet futsal tingkat SMA tanah air melalui kompetisi Hydro Coco National Futsal Tournament (HCNFT) sehingga diharapkan mampu melahirkan bibit pemain terbaik yang dapat mendukung timnas futsal Indonesia U-18 dan U-20.

Turnamen ini diadakan di 29 kota dan bakal diikuti 1.003 siswa SMA. Pertandingan telah dimulai pada Juli 2018 di Batam dan babak grand final berlangsung di Semarang.

“HCNFT ini dibagi dalam silver qualification yang digelar di 18 kota diantaranya Bekasi, Tangerang, Padang, Tasikmalaya dan Bandar Lampung. Sedangkan gol qualification diadakan di 10 kota diantaranya Batam, Yogyakarta, Semarang dan Jakarta,” tandasnya. (SM)