Tingkatkan Kesejahteraan Personel Linmas

347
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto bersama personel linmas di sela-sela acara reses. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Para personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) selama ini bertugas langsung di masyarakat. Tidak salah apabila kesejahteraan mereka ditingkatkan.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto,  saat menghadiri forum reses di Ingkung Grobog Timoho Yogyakarta,  Sabtu (14/07/2018) malam.

“Kita mendukung peningkatan kualitas dan kesejahteraan Satpol PP dan Linmas di DIY. Insya Allah dengan peningkatan kualitas dan kesejahteraan yang baik, tugas dapat dilaksanakan lebih baik lagi,” kata dia.

Reses kali ini dihadiri narasumber Kasat Pol PP Pemda DIY, Noviar Rahmad. Adapun peserta sejumlah 150 orang, perwakilan dari Satpol PP DIY, Satpol PP Kota Yogyakarta dan 150 anggota linmas perwakilan kelurahan dan kecamatan di Kota Yogyakarta. Acara berlangsung meriah dipandu seniman Jogja, Dibyo.

Lebih jauh Eko Suwanto mengatakan, aparatur pemerintah wajib memahami tugas dan fungsinya. Melalui pemahaman yang baik,  pemerintah mendapatkan kepercayaan publik sehingga upaya mewujudkan keamanan, ketertiban dan ketaatan pada hukum berjalan baik.

“Kostitusi kita mengamanatkan pemerintah negara Indonesia melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Menterjemahkan perintah konstitusi tersebut, kita mendukung peningkatan kualitas, kesejahteraan dan pelayanan Satpol PP dan Linmas, serta Jaga Warga dalam membantu pemerintah wujudkan rasa aman dan nyaman masyarakat,” tambahnya.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY daerah pemilihan kota Yogyakarta ini menambahkan Satpol PP memiliki posisi strategis terkait urusan penegakan peraturan daerah.

“Rasanya pas jika kita titip harapan agar Satpol PP dan Linmas menjalankan fungsi pendidikan tertib hukum melalui penyuluhan dan sosialisasi perda dan peraturan lainnya,” kata dia.

Satpol PP  berperan besar mewujudkan ketertiban umum dengan penegakan perda. Sedangkan Linmas berperan melakukan deteksi dini atas potensi ancaman dan konflik di wilayah, serta menjaga kerukunan sebagai sosial ketahanan masyarakat.

“Kita apresiasi kerja Satpol PP dan Linmas yang telah membantu pemerintah mewujudkan rasa aman dan nyaman. Jika Jogja nyaman maka wisatawan, pelajar, mahasiswa dan masyarakat dapat melakukan aktivitas,” kata Eko Suwanto.

Menurut Wakil Ketua PDI Perjuangan DIY,  di tengah situasi saat ini,  masyarakat DIY memiliki harapan Yogyakarta terbebas gangguan keamanan.

Dia mengakui, faktor keamanan tidak lepas dari masalah kemiskinan yang masih di atas 12 persen. Selain itu, juga masalah kesenjangan (gini rasio 0.44), angka yang rawan terjadinya berbagai keresahan dan konflik.

Masalah ini perlu diselesaikan. “Kita harapkan dengan menyelesaikan masalah kemiskinan dan kesenjangan, keamanan dan ketertiban umum dapat diwujudkan,” kata Eko Suwanto. (sol)