Tour de Prambanan, Event Menantang untuk Pesepeda

138
Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Dra Hj Sudarningsih MSi memberikan keterangan rencana Tour de Prambanan (TDP) 2017 di Kantor Humas Pemkab Sleman, Selasa (24/10/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bersama dengan Komunitas sepeda balap akan menggelar kegiatan Tour de Prambanan (TDP) 2017 i Minggu (29/10/2017).

“Peserta Tour de Prambanan akan menempuh rute sejauh 100 km dengan dua pitstop, dengan start dari Lapangan Siwa Candi Prambanan dan finish di lapangan selatan kompleks Candi Prambanan,”kata Dra Hj Sudarningsih MSi, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman di kantor Humas Pemkab Sleman, Selasa (24/10/2017). Sudarningsih menjelaskan event kali ini semakin mengukuhkan Kabupaten Sleman sebagai destinasi sport tourism.

Sebelumnya event sport tourism yang telah digelar di antaranya Sleman Temple Run, Jelajah Wisata Lereng Merapi, hingga Tour de Merapi Desa.

“Ini pertama kalinya kita laksanakan melengkapi event yang sebelumnya yaitu dari jalan kaki, running, sepeda motor, dan kali ini sepeda road bike,” kata Sudarningsih.

Baca Juga :  Warga Desa Ini Deklarasi Malu Buang Sampah

Sudarningsih juga  menyebutkan tahun 2017 ini merupakan tahun sport tourism atau kegiatan wisata yang dipadukan dengan kegiatan olahraga, atau berolahraga sambil berwisata.

Ajang kali ini diharapkan menjadi sarana promosi bagi spot-spot yang dilalui.

“Sampai saat ini sudah ada 340 pendaftar dari beberapa kota. Akan ada juga lomba King and Queen of Mountain di tanjakan Balai Desa Kepuharjo, tanjakan sepanjang 10 Km,” tuturnya.

Selain itu diharapkan bermunculan klub bersepeda di Sleman, baik berupa klub yang menekuni balap sepeda, fun bike maupun mountain bike.

Dalam event ini lanjut Sudarningsih akan memperebutkan hadiah uang total Rp 39,2 juta. Adapun kategori lomba adalah umum (putra putri), atlet (putra putri) dan TNI (putra putri).

Baca Juga :  Sinta Bakal Jadi Tolok Ukur Tunjangan Dosen

Dikatakan Sudarningsih para ahli membagi sport tourism menjadi dua kategori, yaitu berwisata sambil menonton pertandingan olahraga dan berwisata sambil mengikuti event-event olahraga. Dengan event Tour de Prambanan diharapkan datang berkunjung dua kategori wisatawan sekaligus. Yaitu mereka yang berwisata sambil mengikuti event balap sepeda dan yang datang berwisata sambil menonton balap sepeda Tour de Prambanan. (SM)