Transmigran Harus Mau Banting Tulang

233
Peserta pelatihan foto bersama Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo, Selasa (05/09/2017).

KORANBERNAS.ID – Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI berpesan kepada calon transmigran agar mau bekerja keras. “Satu tahun pertama harus mau banting tulang. Banyak para transmigran yang sukses di sana,” ungkap Sri Purnomo, Selasa (05/09/2017), saat membuka Pelatihan Hidroponik Angkatan V dan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Calon Transmigran Angkatan III dan IV di Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi, pembekalan dan peningkatan pengetahuan, keterampilan serta sikap calon transmigran dan masyarakat desa.

Sri Purnomo yang mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh BBLM tersebut. Keberadaan BBLM di Kabupaten Sleman telah mampu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sleman. “Meskipun BBLM ini milik nasional, namun karena berada di Kabupaten Sleman, maka harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Sleman,” kata dia.

Ada 30 orang dari Kabupaten Sleman mengikuti Pelatihan Hidroponik Angkatan V. “Sebenarnya banyak yang minat, tapi untuk angkatan V ini kita terima 30 peserta. Nanti akan kita adakan lagi pelatihan-pelatihan selanjutnya,” terangnya.

Sedangkan peserta Pelatihan PBK Calon Transmigran Angkatan III dan IV berjumlah 60 orang yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah.

Sri Purnomo berharap pelatihan hidroponik mampu mengembangkan keterampilan masyarakat sehingga mampu memperbaiki perekonomiannya. Harus ada upaya bersama dalam rangka sosialisasi produk hidroponik tersebut.

“Di Sleman ini kan penduduknya banyak, pendatang juga. Jika sosialisasinya baik, InsyaAllah kita akan bisa memasarkannya dengan baik,” jelasnya.

Sedangkan untuk peserta Pelatihan PBK Calon Transmigran Angkatan III dan IV, ia berharap mereka mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Rencananya para transmigran tersebut ditempatkan di Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

Pelatihan Hidroponik Angkatan V dilaksanakan lima hari, hinggga 9 September 2017. Sedangkan Pelatihan PBK Calon Transmigran Angkatan III dan IV rencananya dilaksanakan tujuh, 5-11 September 2017, di BBLM Yogyakarta. (bid jalasutra/sol)