Tujuh Tahun Lagi, UNY Berharap Masuk 500 Besar Perguruan Tinggi Kelas Dunia

169
Rektor UNY Sutrisna Wibawa, Kamis (08/02/2018),  memberikan paparan dalam acara media gathering. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berpacu mengembangkan diri menjadi universitas yang menempatkan riset menjadi bagian penting dalam tujuan menjadi World Class University.

Saat ini UNY menduduki peringkat 10 nasional sebagai perguruan tinggi terkemuka dan urutan 85 di Asia Tenggara.  “Dalam pengembangan tersebut diharapkan pada tahun 2020 UNY akan menduduki peringkat 70  di Asia Tenggara dan di tahun 2025 akan menduduki posisi 500 di peringkat dunia,” ujar Rektor UNY Sutrisna Wibawa dalam acara media gathering yang berlangsung Kamis (08/02/2018).

Rektor juga menambahkan bahwa pihaknya tengah ngebut dengan berbagai sarana dan prasarana untuk menjadikan kampus UNY benar-benar menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

Baca Juga :  UIN Suka Diskriminatif !

Salah satunya ialah pembangunan 14 laboratorium yang akan menempatkan UNY sebagai perguruan tinggi yang berbasiskan pada riset. Dan saat ini hampir semua dosen diwajibkan untuk melakukan riset. Karena dengan riset maka pemikiran dan atmosfer akademik serta keilmuan akan lebih terasa.

Setelah itu penerbitan jurnal-jurnal ilmiah serta publikasi ilmiah tingkat internasional dan nasional juga akan menjadi agenda kerja UNY.

“Hal hal inilah yang akan menempatkan sebuah perguruan tinggi menduduki ranking dalam tataran dunia internasional,”papar Rektor.

Rektor menambahkan, UNY dengan giat melakukan berbagai program kompetensi yang diharapkan para mahasiswa akan memiliki bekal keterampilan yang nantinya akan memberikan ruang yang lebar dalam dunia kerja.

Baca Juga :  SMK pun Bisa Raih Nilai UN Sempurna

Anwar Efendi selaku Humas kepada Koran Bernas mengemukakan bahwa pihaknya telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka peningkatan ketrampilan melalui program sertifikasi.

Misalnya pihak kampus menjalin kerjasama dengan pihak organisasi PPI atau Persatuan Insinyur Indonesia untuk program sertifikasi ke insinyuran. (SM)