Tunggu Master Baru Lahir Dari Piala Raja

351
Turnamen Piala Raja V yang digelar dua tahun lalu di GOR Amongrogo. Kali ini, BPO DIY bekerjasama dengan PB Percasi kembali menggelar turnamen yang sama.

KORAN BERNAS.ID — Kejuaraan Catur Piala Raja VI resmi diadakan 21 – 25 Agustus 2017 bertempat di GOR Amongrogo Yogyakarta. Hingga Minggu 20 Agustus, lebih dari 250 pecatur telah mendaftarkan diri pada turnamen yang akan digelar selama lima hari tersebut.

Meski pendaftaran masih dibuka hingga Senin (21/8) siang, jumlah pendaftar tahun ini telah melebihi jumlah peserta ajang yang sama dua tahun lalu. Kepala Balai Pemuda dan Olahraga BPO DIY Eddy Wahyudi yang juga menjadi Ketua Panitia turnamen menyatakan, pihaknya sangat berharap gelaran turnamen Piala Raja tahun ini berjalan lebih sukses dan tujuan utama untuk mencetak Master Internasional yang baru dapat terwujud.

“Tentunya kita berharap turnamen tahun ini dapat berjalan lebih sukses,” katanya kepada Koran Bernas, Minggu (20/8) siang.

Lewat turnamen Piala Raja, Eddy mengatakan, wahana untuk menaikan nilai atau elo rating dapat difasilitasi sehingga pecatur Yogyakarta maupun nasional tidak kesulitan untuk menapaki tahapan norma Master FIDE maupun Master Internasional.

“Kalau kami hanya memfasilitasi bagi para pecatur, dan mereka bisa setidaknya naik kasta lah. Jadi, Yogyakarta tidak hanya mendidik pecatur anak-anak, tetapi juga diharapkan lewat kejuaraan ini dapat terlahir pecatur-pecatur, baik bergelar Master Nasional maupun Master Internasional,” ujar dia.

Eddy Wahyudi pun memastikan bahwa tunamen bertitel International Open Chess Tournament 2017 Piala Raja VI tersebut akan diikuti sejumlah pecatur bergelar Master FIDE dan Master Internasional (MI) baik dari dalam maupun luar negeri sehingga akan meningkatkan gengsi pertandingan.

“Setidaknya ada enam pecatur (gelar MI) yang ikut. Salah satunya dari Brazil untuk yang luar negeri,” tutur Eddy.

Seperti edisi Piala Raja sebelumnya, turnamen dwi tahunan ini mempertandingkan nomor catur klasik 90 menit dengan menggunakan format Sistem Swiss 9 babak. Sementara kategori yang dipertandingkan sebanyak tiga kategori yaitu kategori umum, putri dan kelompok umur di bawah 17 tahun.

“Kami berharap sampai pembukaan nanti, masih banyak yang mendaftar. Seperti pengalaman tahun-tahun lalu, yang mendaftar di hari pembukaan juga banyak,” terangnya.

Panitia tahun ini menyediakan total hadiah sebanyak Rp 80 juta atau meningkat Rp 5 juta dibandingkan dua tahun lalu. Tak hanya itu saja, ada suvenir khusus yang disediakan panitia.

“Untuk 300 pendaftar pertama memang kami sediakan suvenir berupa kaos cantik,” tandasnya. (ros)