TWP “River World” Purbasari Pancuranmas Siapkan Wisata Malam

448
Wartawan yang setiap hari melakukan liputan di Purbalingga, menerima penjelasan tentang keberadaan TWP “River World” Purbasari Pancuranmas. (Prasetiyo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Taman Wisata Pendidikan (TWP) River World Purbasari Pancuranmas menyiapkan wisata malam. Daya tarik dengan sebutan Night New Purbasari akan mulai dioperasikan awal tahun 2018. Selain itu, daya tarik wisata yang berlokasi di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Purbalingga ini juga menambah sejumlah fasilitas untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.

“Night New Purbasari tentunya memberikan sensasi tersendiri, karena bisa menikmati beraneka macam jenis ikan seperti ikan Arapaima Gigas dan ribuan ikan lainnya yang disorot lampu warna-warni. Pada paket wisata ini, juga akan disuguhkan seni Lengger khas Banyumasan serta menikmati makan malam,” kata Manajer TWP Purbasari Pancuranmas, Junjung SE disela-sela kegiatan Safari Jurnalistik Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga, Sabtu (04/11/2017).

Kegiatan safari jurnalistik itu diikuti para wartawan dari berbagai media cetak, elektronik, online, radio  dan televisi yang wilayah liputannya di Purbalingga.

Dikatakan Junjung, ide untuk membuat wisata malam karena banyaknya rombongan wisatawan khususnya dari luar kota yang datang sudah sore hari pada Sabtu atau Minggu. Rata-rata tempat wisata lain sudah tutup pada sore hari, sehingga banyak yang kecewa.

Baca Juga :  Lima Siswa SDN 2 Sokaraja Kulon Keracunan

“Kami tetap ingin memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan, sehingga kami membuka hingga malam hari. Jam wisata malam ini mulai pukul 18.00 – 22.00 WIB,” kata Junjung, pria asli Purworejo ini

Wisata malam di TWP Purbasari, lanjut Junjung sementara dikhususkan bagi tamu rombongan. Jumlah minimal rombongan 40 orang. Jika jumlah rombongan kurang dari 40 orang, maka akan diberlakukan harga untuk 40 orang. Meski belum ditentukan harga paket wisata per orang, namun Junjung memperkirakan pada kisaran Rp 80.000 – Rp 90.000.

“Harga ini sudah termasuk untuk menikmati musik Lengger yang pemainnya sampai 50 orang, dan juga makan malam serta tiket masuk menikmati berbagai wahana mulai dari ribuan jenis ikan, aneka burung dan unggas, rusa dan wahana lainya yang menarik,” kata Junjung.

Dibagian lain Junjung mengatakan, selain pembenahan wahana akuarium Tosuka yang tengah dilakukan, pihaknya juga akan membangun masjid berlantai dua di atas kolam. Lantai satu digunakan untuk transit dan pusat jajanan oleh-oleh, sementara lantai dua difungsikan untuk masjid. Masjid ini akan menampung sekitar 500 orang, jauh meningkat dibanding masjid yang ada selama ini dengan daya tamping hanya 80 orang.

Baca Juga :  Selama Sebulan Tentara Tinggal di Rumah Warga

“Bangunan masjid baru nantinya seperti mengapung di atas kolam,” ujar Junjung.

Selain masjid, juga akan dibangun ruang pertemuan dengan kapasitas 800–1.000 orang. Bangunan ini disiapkan karena banyaknya permintaan untuk acara seperti perpisahan siswa-siswi sekolah yang rata-rata diikuti oleh 800 siswa.

Kebanyakan yang melakukan perpisahan di TWP Purbasari berasal dari sekolah di Yogyakarta dan Cirebon.

“Bangunan masjid dan gedung pertemuan ini akan dimulai pada tahun 2018. Diharapkan, setelah selesai akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung,”ujar Junjung.

Kepala Bagian Humas dan Pemasaran TWP Purbasari Pancuranmas, Dewi mengatakan, berbagai wahana dan sarana wisata yang disiapkan diantaranya taman akuarium eksotik, taman akuarium nusantara, planet aquarium Toyoshuka, kolam waterboom dan wisata praon.

Dewi menambahkan, TWP Purbasari Pancuranmas juga menyediakan menu paket Purbasari resto dengan harga terjangkau. Menu ini untuk kemasan box atau prasmanan dengan harga mulai Rp 15.000.(SM)